Bimbingan Manasik Haji Kuota Tambahan Tahun 1444 H / 2023 M Kankemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung Kemenag Kabupaten Kepulauan Temanggung mendapatkan tambahan kuota jemaah calon haji tahun 1444 H sebanyak 18 orang. Untuk mempersiapkan keberangkatan jemaah calon haji tambahan ini dilaksanakan manasik haji oleh Seksi  PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, bertempat di Gedung PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Kegiatan Manasik dilaksanakan selama dua kali yaitu Jum’at dan Sabtu 16 dan 17 Juni 2023.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Fatchur Rochman dalam pembukaannya menyampaikan ucapan selamat kepada 18 jemaah Calon Haji karena telah berkesempatan memenuhi panggilan Allah melaksanakan ibadah haji ke tanah suci di tahun ini.  Kegiatan pembukaan Manasik ini dilaksanakan di Gedung PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Jum’at (16/6).

“Selamat kepada 18 jemaah calon haji dan bersukur pada Allah SWT, meskipun dalam cadangan ternyata atas kehendak-Nya dipanggil oleh Allah untuk menunaikan haji tahun ini,“ ucapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa memberikan bimbingan manasik haji merupakan tanggung jawab penyelenggara haji, sehingga berapapun jumlah peserta calon haji akan diberikan pembimbingan secara optimal. Beliau menghimbau pada jemaah calon haji untuk selalu berdoa agar diberi kesehatan dan kemudahan dalam beribadah.

Sementara Plt. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Hj. Maria Ulfah dalam laporannya menyampaikan merujuk pada Keputusan Menteri Agama Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia 1444 H/2023 M ditetapkan bahwa kuota haji Indonesia 1444 H / 2023 M berjumlah 221.000.  Dengan adanya tambahan kuota sebanyak 8.000 maka total kuota haji Indonesia tahun 1444 H / 2023 M tentu bertambah. Alhamdulillah Kabupaten Temanggung mendapatkan tambahan total 19 orang calon jemaah, namun 1 orang mutasi ke Kota Pasuruhan jadi jumlah ada 18 orang yang akan diberangkatkan pada Rabu 21 Juni 2023 Kloter 98 mendatang.(sr/rf)