BKM Kecamatan Dikukuhkan Oleh Bupati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto – Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein mengukuhkan dan melantik pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan se Kabupaten Banyumas masa bakti 2023 – 2027, bertempat di Pendopo Si Panji Purwokerto. Rabu (30/08)

Hadir dalam pelantikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas , Ketua MUI Banyumas, Ketua Dewan Masjid Indonesia Banyumas, Ketua Badan Wakaf Indonesia Banyumas,  Ketua Baznas, Camat , Ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah, Takmir Masjid Agung Purwokerto, Ketua LPP Al Irsyad.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag Banyumas H. Ibnu Asaddudin menyampaikan bahwa masjid bukan hanya sebagi tempat ibadah saja, akan tetapi masjid harus hadir ditengah masyarakat. sebagi tempat sosial.

“ Hari ini kita harus berbangga, karena di seluruh Indonesia hanya di Banyumas saja pengurus BKM kecamatan yang dilantik oleh Bupati.” Terangnya.

Lebih lanjut Ibnu menjelaskan beberapa bulan kedepan pengurus BKM se Indonesia akan dikumpulkan di Monas, Jakarta untuk menunjukan bahwa masjid bukan tempatnya kampanye. Akan tetapi masjid untuk membawa Bangsa Indonesia terus melaju sehat dan sejahtera.

Ditempat yang sama Bupati Banyumas mengungkapkan bahwa mensejahterakan dan memakmurkan masjid bisa dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan mengadakan pelatihan-pelatihan atau training yang melibatkan instansi atau professional dari luar untuk masyarakat sekitar masjid.

“ BKM  sebagai benteng  pertahanan terhadap nilai nilai kebersamaan , kesepakatan yang telah disepakati oleh alim ulama seluruh Indonesia yakni Pancasila. Hal ini bisa menjadi benteng pertahanan dimana ekstrimis jangan bisa masuk ke masyarakat atau orang orang yang ingin mengganti dasar negara kita. Susun program dan rencana kerja yang realistis dan implementatif serta jalin komunikasi yang intens dan baik dengan segenap pemangku kepentingan. Sehingga tantangan dan hambatan yang ada dapat diselesaikan bersama.” Ungkap Husein.

“ Saya juga berharap dengan adanya pengurus BKM yang baru dapat semakin menggelorakan dakwah di Kabupaten banyumas demi terwujudnya tatanan masyarakat yang islami, aman dan tentrem dibawah naungan rodho dan ampunan “. Pungkasnya .

Dalam kesempatan tersebut , Bupati didampingi Kakan kemenag menyerahkan 16 sertifikat arah kiblat bagi masjid dan musholah di wilayah Banyumas yang telah diukur dan disesuaikan arah kiblatnya.(yud)