Buat Jemaah Bahagia, Pembinaan Digencarkan di Embarkasi Solo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Slogan Haji Ramah Lansia dan Haji Riang Gembira menjadi pedoman petugas haji dalam medampingi jemaah haji. Untuk membuat petugas memahami hal ini, Kepala Bidang Pembinaan Jemaah dan Petugas PPIH Embarkasi Solo, Abdul Jalil memberikan pembinaan kepada petugas haji yang baru saja tiba di Embarkasi Solo.

Jalil mengatakan, pembinaan petugas haji dilakukan setiap hari. Tepatnya di Wisma Armina, Boyolali. Dalam pembinaan ini, PPIH Kloter diberikan motivasi dan pengetahuan kebijakan-kebijakan haji terkini. “PPIH akan diberi bekal, baik motivasi, perlengkapan dan sarana-sarana sebagai petugas. Termasuk aplikasi pelaporan selama di haramain,” jelas Jalil, Selasa (21/5/2024).

Dikatakan Jalil, petugas PPIH kloter terbaik adalah petugas yang bisa mengawal dan membuat jemaahnya bahagia, nyaman dan puas. “Jangan sampai jemaah merasa jengkel, karena dengan kejengkelan, akan membuat tidak lancar ibadah. Sebaliknya, dengan hati yang lega, bahagia dan puas, jemaah akan bisa menikmati ibadahnya. Bahkan yang tadinya pakai kursi roda, pulang-pulang sudah tidak mau pakai kursi roda. Hajinya pun akan diterima oleh Allah SWT,” ujar Jalil.

Pengawalan terhadap jemaah tersebut termasuk ketika pemeriksaan kesehatan di Embarkasi. Diungkapkan Jalil, banyak jemaah yang merasa takut ketika dicek kesehatannya. Menurut Jalil, apabila didampingi oleh petugas kloter, maka jemaah tersebut akan merasa nyaman dan hasil diagnosa pun menjadi baik.

Selain PPIH kloter, pembinaan juga diberikan kepada Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom). Pembinaan ini diadakan di Gedung Madinah lt 1. Dalam pembinaan ini, Karu dan Karom diminta membuat kesepakatan-kesepakatan dalam mendampingi jemaah haji. “Termasuk pendampingan lansia. Satu lansia akan didampingi oleh dua jemaah yang sehat,” terang Jalil.

Tugas Bidang Pembinaan terakhir adalah pembinaan kepada jemaah. Jalil mengatakan, pembinaan jemaah ini dilakukan pada salat lima waktu di masjid Embarkasi Al-Mabrur. Usai salat berjemaah, akan disampaikan ceramah dengan tema penguatan mental jemaah haji.”Jemaah diminta untuk menata niat dan hati. Suasana haji sudah dirasakan di Embarkasi,” pungkas Jalil. – iq/at