Calon Jemaah Haji Salaman Tigkatkan Pemahaman Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kementerian Agama Republik Indonesia terus melakukan upaya mitigasi dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2022. Menag menyatakan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022. Meskipun demikian, semangat calon jemaah haji harus tetap dijaga.

Pada hari Sabtu, (05/03/2022), para calon jemaah haji kecamatan Salaman mengadakan Pelatihan Manasik Haji. Acara yang dimotori Abdul Latif salah satu calon jamaah haji tahun 2019 yang rencana akan berangkat di tahun 2022 tersebut dilaksanakan di Firdaus Fatimatul Zahra, Gunung Pati, Semarang.

Acara pelatihan manasik dibimbing oleh Shodaqoh, salah satu pembimbing manasik haji KUA Salaman. “Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman manasik bagi calon jamaah haji di kecamatan Salaman,” ungkap Shodaqoh. Acara yang sempat tertunda selama 2 tahun karena adanya pandemi covid 19 tersebut diikuti oleh 71 calon jamaah haji.

Sejak pukul 06.00 wib pagi calon jamaah haji sudah berkumpul di KUA kecamatan Salaman. Dan pada pukul 06.30 wib mereka diberangkatkan dengan menggunakan  1 bus besar dan  1 micro bus. Perjalanan selama 2,5 jam tidak menyebabkan para peserta pelatihan merasa capek, mereka selalu bersemangat selama perjalanan, apalagi ketika jam 9 sudah sampai di lokasi. Keceriaan semakin terpancar dari wajah para peserta yang didominasi oleh para lansia.

Selama sesi pelatihan calon jamaah haji melaksanakan dengan penuh semangat dan khusuk. Pelatihan selama 2,5 jam tidak terasa lama. Tidak tampak juga wajah capek peserta. Rasa kekeluargaan pun semakin terpupuk, hal tersebut terlihat ketika ada dua peserta yang membutuhkan bantuan peserta lain. Dua peserta tersebut memakai kursi roda. Para jamaah peserta manasik haji  semangat untuk saling membantu.

Pada pukul 11.30 WIB rombongan pun meninggalkan lokasi pelatihan. Jam 16.00 wib rombongan pelatihan manasik sudah menginjakkan kaki di tanah Salaman kembali. Alhamdulillah semua rangkaian perjalanan dan acara tersebut diberi kelancaran serta kesuksesan oleh Alloh SWT.(FS/Sua)