Deteksi Dini Cegah Penyakit Tidak Menular bagi Pegawai Kankemenag Kab. Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang mengikuti pemeriksaan Kesehatan secara gratis pada kegiatan “Cegah dan Kendalikan Penyakit Tidak Menular Dengan Deteksi Dini”, Rabu, 10/10/2022 di Gedung GSG KPRI Kokarda.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Panut, menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh pegawai agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Bapak/Ibu nanti akan dites kesehatannya. Sebagai deteksi dini agar bisa mengetahui penyakit yang diidap sehingga bisa mengatur kesehatannya dengan baik,” kata Panut.

Panut menyampaikan, untuk memastikan kesehatan para pegawainya akan terus dilakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam bentuk even yang lain.

Kepala Puskesmas Mertoyudan, drg. Yunita Arisanti, menyampaikan layanan pemeriksaan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Mertoyudan merupakan layanan bagi usia produktif berupa screening Penyakit Tidak Menular (PTM) berupa pemeriksaan tekanan darah (tensi), gula darah dan IVA Test.

“Hasil dari pemeriksaan ini akan menjadi warning dan direkomendasikan untuk tindak lanjut selanjutnya,” kata Yunita.

Para pegawai menjalani pemeriksaan kesehatan secara bertahap dalam 5 meja pemeriksaan, yaitu Registrasi, Screening, pemeriksaan tekanan darah dan lingkar perut, pemeriksaan gula darah, dan rekomendasi.

Kegiatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) ini merupakan On Job Training (OJT) bagi Kader Posbindu Kantor Kemenag Kab. Magelang. Para Kader terdiri atas Pegawai Non ASN dilatih untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan didampingi Tenaga Kesehatan Puskesmas Mertoyudan.

Untuk Tes IVA dilaksanakan di Puskesmas Mertoyudan, diikuti oleh sejumlah anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kankemenag Kab. Magelang sebagai rangkaian Program Nasional Tes IVA dan Sadanis yang digelar secara serentak pada Unit Kerja Eselon I, Kanwil Kemenag, Kantor Kemenag Kab/Kota dan PTKIN di seluruh Indonesia. Tes IVA dan Sadanis bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.(m45k/Sua)

Tenaga Kesehatan Puskesmas Mertoyudan sedang melakukan pemeriksaan tekanan darah (tensi) kepada salah satu pegawai pada kegiatan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular, Rabu, 10/10/2022.