Deteksi Kanker Serviks dan Payudara, DWP Kemenag Jateng Gelar Pemeriksaan Gratis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) se -Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat menyelenggarakan kegiatan Tes IVA dan SADANIS Gratis secara serentak pada Rabu, 10 Agustus 2022. DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng turut menyukseskan kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Semarang pukul 08.00 s.d selesai.

Di Indonesia Kanker Serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks, salah satunya adalah dengan melakukan IVA test alias pemeriksaan IVA.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, data Globocan 2018 menunjukkan bahwa jumlah kasus kanker baru di Indonesia, yakni sekitar 348.809.

Peringkat tertinggi dari jumlah kasus penyakit kanker tersebut diduduki oleh kanker payudara, dan diikuti oleh kanker serviks di urutan kedua.

Angka kasus kejadian kanker serviks diperkirakan sekitar 23 orang per 100.000 penduduk. Atas dasar inilah, para wanita disarankan untuk melakukan deteksi dini.

Tes IVA meruapakan salah satu pilihan untuk deteksi dini kanker serviks. Tujuan dari tes IVA adalah sebagai skrining awal untuk mendeteksi gejala-gejala kanker serviks serta mencegah terjadinya komplikasi. (d/rf)