Gelaran KSM 2024 Dimulai, Kontingen Jateng Kobarkan Semangat Berkompetisi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ternate (Humas) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional tahun 2024 yang digelar di Tenate Maluku Utara, resmi dibuka pada Selasa (03/09/2024) pagi. Bertempat di Lapangan Ngaralamo Salero Ternate, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ali Ramdhani.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jateng Musta’in Ahmad bersama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Ahmad Faridi hadir membersamai kontingen Provinsi Jawa Tengah. Senyum optimis seluruh kontingen Jateng terlihat ketika seluruhnya mengikuti rangkaian pembukaan. Kompak mengenakan batik cantik asal Kota Solo.

“Jawa Tengah, Juara! Juara! Juara!,” pekik kontingen Jateng mengepalkan tangan ketika dipanggil oleh MC. Pembukaan di Ternate berlangsung meriah dengan berbagai pertunjukan seperti penyanyi solo, tarian nusantara, barongsai dan rebana sholawat.

Mengawali sambutannya, Sekjen mengajak peserta KSM juga menunjukkan empati dengan mendoakan korban banjir bandang di Ternate, Maluku Utara. Dirinya juga menekankan bahwa KSM bukan hanya wadah persaingan akademik, tetapi juga tempat untuk mengasah intelektual terhadap apa yang akan terjadi di masa depan.

“Setiap kontestasi hanya akan melahirkan 2 kelompok manusia, the winner atau orang yang menang dan the learner yakni mereka yang perlu belajar kembali. Buat kita tidak ada istilah kalah,” tutur Ali membakar semangat para peserta.

“Belajar itu harus, juara itu bonus! Kemenangan sejati bukan tentang meraih medali tetapi bagaimana kita menghargai proses, menghormati lawan dan terus belajar dari pengalaman,” pekik Ali Ramdhani.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Prov. Maluku Utara Amar Manaf melaporkan bahwa animo peserta KSM Nasional tahun ini sangat tinggi. Setelah seleksi panjang di tingkat Kabupaten. Gelaran kali ini diikuti total 862 peserta, yang terdiri dari 484 peserta individu dan 126 peserta beregu yang menjadi 44 tim regu. (PS)

Skip to content