Gugah Semangat Kemerdekaan Kemenag Kendal Laksanakan Upacara HUT RI ke 77

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Rayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-77 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural, Kepala KUA, segenap ASN dan pegawai non PNS dilingkungan Kemenag Kendal serta mahasiswa PPL, Rabu (17/8) di halaman kantor setempat.

Upacara dimulai pukul 07.30 WIB dengan petugas dan peserta upacara mengenakan pakaian adal nasional. Berlaku sebagai pembina upacara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Maesaroh menyampaikan amanat sambutan Gubernur Jawa Tengah yang menekankan kata kunci Jasmerah, Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

“Sejarah adalah tauladan lengkap, kacabenggara besar bagi kita untuk merumuskan dan menetukan sikap hari ini sekaligus menata cita untuk masa depan. Negara ini didirikan bukan untuk satu suku bukan untuk satu ras, agama maupun golongan. Negara Kesatuan Republik Indonesia ini berdiri di atas kaki semua. Bukan hanya ketika kemerdekaan diproklamasikan, sejak negara ini dirancang, sudang melibatkan banyak tokoh dari berbagai suku, berbagai ras, bermacam agama dan golongan,” tuturnya.

Upacara berlangsung sederhana namun tetap khikmat dan tertib didukung cuaca yang cerah semakin menambah semangat pelaksanaan upacara HUT RI ke 77 tahun 2022 ini yang mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.” Ditutup dengan doa yang dipimpin Kasi Bimas Islam sebagai ucapan syukur atas nikmat yang kita rasakan sampai detik ini. Tak lupa doa kemuliaan turut dipanjatkan untuk mendiang para pahlawan yang telah gugur mendahului.

Usai melaksanakan upacara bendera, ASN mengikuti pelaksanaan upacara detik – detik proklamasi secara daring di aula lantai 2 kantor Kemenag Kendal. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengucapkan selamat memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 77.

“Kami mengucapkan dirgahayu Republik Indonesia yang ke 77, kami bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan upacara bendera secara luring dimana tahun lalu kita sempat melaksanakan upacara dengan daring akibat pandemi Covid-19. Termasuk kemarin kita telah melaksanakan doa lintas agama untuk menyemarakkan kemerdekaan dan saat ini kita ikuti bersama secara daring detik-detk proklamasi. Semooga kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Kakan Kemenag, Mahrus. (bel/rf)