Guru MTs Negeri 3 Tegal Mengikuti Penyusunan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah TP. 2022-2023 oleh Kemenag RI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

(Slawi-Tegal) – Direktorat KSKK (Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan) Madrasah telah menyiapkan Asesmen/ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2022-2023.Ujian dilaksanakan untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab.Kegiatan oleh Subdit Kurikulum dan Evaluasi mengusung tema “Penyususnan Kisi-Kisi Ujian Madrasah pada Madrasah (MI, MTs dan MA/MAK),”.Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan standar secara nasional.Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari mulai Rabu-Jum’at 15-17 Februari 2023 di hotel Santika BSD Banten.
” Adapun mata pelajaran PAI yang dimaksud adalah Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam/SKI danBahas Arab,” ungkap Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Dr. Suwardi dalam laporannya.
Kegiatan ini melibatkan penyusun dari guru mapel PAI dan Bahasa Arab yang telah lama terlibat pada kegiatan serupa juga guru yang baru bergabung dan mereka dari madrasah se-Indonesia. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya regenerasi dan memperbanyak guru yang kompeten nantinya, lanjutnya
Pada saat yang sama Direktur KSKK Madrasah Prof.Moh. Isom memberikan pesan “Kurikulum yang digunakan untuk ujian akhir masih memakai kurikulum 2013, Karena itu, KI dan KD memakai Kurikulum 2013.
SelanjutnyaMoh Isom juga menyampaikan agar bapak dan ibu dapat menyebarkan kepada teman-teman guru lain dimadrasah atau di KKM juga MGMP.
Ketika tidak ada lagi ujian nasional, maka kewenangan untuk meluluskan ada pada satuan pendidikan masing-masing.Karena itu, Kemenag berkepentingan mendampingi madrasah untuk mampu mendesain pembelajaran secara kreatif dan inovatif serta mampu membuat soal dengan kriteria HOTs, tegas Prof bidang tafsir ini.
Dalam kegiatan itu, ada guru dari MTs Negeri 3 Tegal yang mendapat tugas untuk mengikuti kegiatan penyusunan kisi kisi Ujian Madrasah yaitu Bapak H. Samsul Hadi,M.Pd.I guru mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).