Gus Men Pukul Kentongan Tandai Dimulainya Pospenas IX Tahun 2022 Di Solo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Solo – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas malam ini buka Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) Ke IX di Stadion Manahan Solo, (Rabu, 23/11).

Walikota Solo, Sekda Provinsi Jateng dan Dirjen PAI Kemenag berkenan mendampingi Gus Men saat pemukulan kentongan sebagai tanda dimulainya gelaran Pospenas IX. Setelahnya, santri yang diiringi penari berkostum Elang Jawa yang juga dijadikan sebagai maskot Pospenas IX menyalakan api obor.

Stadion Manahan Solo yang yang dipenuhi tidak kurang dari 20 ribu santri dan 4 ribu atlet dan official terlihat gegap gempita. Kemeriahan ceremonial pembukaan Pospenas IX ini tampak ketika para santri tanpa kenal lelah menyuarakan yel-yel mereka ditribun dengan bersautan.

Dalam laporannya Dirjen Pendis Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa Pospenas IX menjadi bagian dari rangkaian dari peringatan Hari Santri Nasional. Ia juga menandaskan jika disamping merupakan ajang silaturahmi, juga menjadi ajang memupuk prestasi santri. Pospenas dimaksudkan pula untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani serta memupuk persahabatan dan persaudaraan antar santri se-Indonesia.

Penampilan menarik dari band Kotak, Abah Lala, dan Woro Widati memukau seisi Stadion Manahan Solo. Ditambah lagi dengan pertunjukan tari-tarian tradiosional dari berbagai daerah di Indonesia, yang semakin membuat penonton semakin terpukau.

Ditemui saat mendampingi Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Barat Syafrudin Baderung, Kepala Kankemenag Kota Magelang menampaikan rasa syukurnya atas kesuksesan pembukan Pospenas IX di Jawa Tengah.

“Meskipun sempat gerimis saat acara devile kontingan, namun keseluruhan acara berjalan dengan lancar. Pertunjukan yang disuguhkanpun juga mampu menghipnotis penonton. Sebagai tuan rumah Pospenas IX, seluruh jajaran Kemanag Provivni Jawa Tengah telah dioptimalkan untuk mendukung kesuksesan gelaran ini,” ungkap Sofia Nur.

 Sejalan dengan tema Pospenas “Gerak Santri Bangkit Negeri”, santri diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam berkontribusi bagi negeri ini. Dengan ajang semacam ini akan berikan semangat bagi santri untuk meningkatkan prestasinya dibidang olahraga dan seni di tingkat nasional. (Har/rf).