Hadir dalam Pelantikan PPIH, Direktur Bina Haji Kemenag Sampaikan  Hal Penting bagi Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Solo (Humas) –  Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat hadir dalam pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo yang bertempat di Hotel Syariah Solo, Kamis (11/5).

Dalam kesempatan ini,  Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Jateng Sumarno melantik 22 orang Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo tahun 1444 H/2023 M.

Penyelenggaraan operasional haji akan dimulai dengan pemberangkatan kloter pertama pada tanggal 24 Mei 2023 tujuan Bandara Madinah, sedangkan kloter terakhir 22 Juni 2023 tujuan Bandara Jeddah.

Sementara pemulangan jemaah haji akan dimulai pada tanggal 4 Juli 2023 dan pemulangan terkahir pada tanggal 2 Agustus 2023.

Operasional haji tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kuota tambahan sebanyak 8.000 orang, 7.340 orang diantaranya diperuntukan bagi jemaah haji reguler yang akan didistribusikan ke seluruh provinsi. Dengan demikian jumlah jemaah haji keseluruhan yang akan diberangkatkan dari 14 embarkasi sebanyak 213. 319 orang yang tergabung dalam 557 kloter yang diangkut oleh PT. Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

Berdasarkan data jemaah yang akan berangkat tahun ini 30 % akan diisi oleh jemaah haji yang sudah berusia diatas 65 tahun, oleh karenanya diperlukan upaya ekstra agar jemaah kita mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.  Pada tahun ini penyelenggaraan ibadah haji Indonesia mengusung tema “Haji Ramah Lanjut Usia”.

Arsad Hidayat selaku Direktur Bina Haji berharap dalam penyelenggaraan operasional ibadah haji oleh embarkasi dapat memberikan pelayanan yang prima. (D/Rf)