IGRA Kabupaten Magelang Tingkatkan Kompetensi Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Dalam rangka meningkatkan kualtas guru-guru RA (Raudhatul Athfal) yang ada di Kabupaten Magelang, Pengurus Daerah IGRA (PD Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Magelang selenggarakan Workshop Pembelajaran Akti, Kreative, dan Menyenangkan melalui Seni Gerak dan Lagu Anak Tematik Motorik, Steam dan Loose Part di Gedung Serba Guna pada Rabu, (18/01/2023).

Kegiatan diikuti oleh 430 peserta yang berasal dari perwakilan setiap RA yang ada dikabupaten Magelang. “Peserta yang hadir diharapkan dapat menularkan ke teman se-RA agar semua guru RA mendapatkan ilmunya,” harap Kasi Penmad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Hedy Riyanto disela membuka acara.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, H. Panut dalam pembinaannya menyampaikan tentang kompetensi yang harus dipenuhi guru-guru RA. “Guru RA harus memenuhi kompetensi inti diantaranya keteladanan yang dilihat dari perilaku, penampilan dan bahasa, dimana RA merupakan pondasi dasar pendidikan pada masa golden age,” papar Kakan Kemenag.

Pendidikan RA merupakan pendidikan yang paling dasar menjadi pondasi dalam mendidik anak sebelum anak masuk ke Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembelajaran  menjadi dasar generasi yang berkualitas.

“Harapan saya, guru RA memperhatikan faktor motorik baik motorik halus maupun motorik kasar,” harap Kakan Kemenag.

Dalam kegiatan tersebut guru-guru RA belajar tentang permainan-permainan anak terbaru yang aplikatif sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan bagi peserta didik. Dalam kegiatan tersebut ada sharing gerak lagu anak tematik, pembelajaran steam dan loose part. Selain hal tersebut kegiatan yang dipandu oleh Agus Antero dari Bocah ceria Indonesia mempunyai output how to be a good theacher.(FS/Sua)