Inovasi Layanan terbaru Kemenag Banyumas, Layani Masyarakat dengan sentuhan Si JARIMAS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas – “ Program inovasi ini kami kenalkan dengan nama  Si JARIMAS ( Sistim Informasi Jaring Aspirasi masyarakat Banyumas ) dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan program – program dari Kementerian Agama ,mendekatkan layanan,sekaligus gendu gendu rasa dengan masyarakat sambil bersilaturahim,sambil menyerap aspirasi masyarakat, “ jelas H. Aziz Muslim selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas saat sambutan pada acara Lauching program Si Jarimas di Masjid Baiturrahmat Desa Binangun Kecamatan Banyumas, Jumat (01/07).

Hadir dalam acara tersebut Kasi , penyelenggara , Kepala cabang BSI Purwokerto dan Ajibarang , Kades Binangun , Kasi Trantib Kecamatan Banyumas , Babinsa ,Babinkamtibmas,para tokoh agama dan tokoh masyarakat, Kepala KUA Banyumas , penyuluh serta masyarakat desa Binangun.

Lebih lanjut Aziz menyampaikan bahwa selain Si Jarimas Kemenag Banyumas juga memperkenalkan program Laku Rahmat (Layanan KUA Ramah Menjemput Umat ) dimana pada era sekarang kita menggunakan program jemput bola .

“ Melalui  Laku Rahmat ini Kantor Kemenag melalui para penyuluh akan hadir dan mendampingi masyarakat.Adapun yang dapat dilayani antara lain :  konsultasi pernikahan , konsultasi zakat dan wakaf , pengukuran arah kiblat , konsultasi  keluarga/BP4,konsultasi haji,pendampingan sertifikasi halal dan lain sebagainmya,dan semuanya nol rupiah..alias gratis tis. Harapannya program program Kementerian Agama sampai ke masyarakat dan masyarakat terlayani dengan baik, sehingga hubungan antara Kementerian agama dengan masyarakat semakin baik semakin dekat ,sekaligus menyerap aspirasi dan masukan untuk penyempurnaan layanan di kemenag agar semakin baik,” terang Aziz.

“ Kami akan melayani calon jamaah haji  yang mengalami kesulitan dan jauh dari kantor Kemenag , baik untuk konsultasi dan pendaftaran haji salah satunya dengan mobil Si Jembling( Sistem Informasi pendfataran haji keliling)dan alhamdulilah Kemenag Banyumas baru mendapatkan hibah berupa mobil Hiace dari BPKH untuk operasional SiJembling,”ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kakan Kemenag juga menyerahkan bantuan dari UPZ Kantor Kemenag Banyumas  sebesar Rp. 1,5 juta  dan Mushaf Alquran 10 buah kepada Takmir Masjid Baiturrahmat , menyerahkan IJOP  kepada MA Al Chusnan Banyumas dan MA Biroyatul huda , Ijop Ponpes  Attholabah Karangrau RT. 03/05 Banyumas dan Ponpes Al Fatah Jayanihim Karangrau RT.04/03 Banyumas,Serta meresmikan Posko Laku Rahmat  di Balai desa Binangun.

“ Kami mengucapkan terimaksih kepada kantor Kemenag Banyumas atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami sebagai lokasi peresmian Si Jarimas . Ini sebuah penghormatan kepada kami , semoga dengan adanya program ini kepada tokoh agama dan  tokoh masyarakat di Desa Binangun untuk dapat memanfaatkan dan menggunakan kesempatan ini untuk dapat menyampaikan uneg – unegnya serta menyampaikan kritik dan saran serta pendampingan dalam pengurusan hal hal yang berkaitan dengan haji ,ijin operasional ataupun informasi lainnya ,” jelas Sadam Kades Binangun saat memberikan sambutan,(yud/rf)