Isra’ Mi’raj sebagai Media untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan pada Allah SWT.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – MTsN Surakarta 1 menggelar pengajian dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj 1444 H. Kegiatan digelar pada Jumat (17/02/2023) di halaman gedung 1 dan diikuti seluruh siswa, bapak, ibu guru, dan pegawai. Ustaz Sunaryo, S.Sn., M.Si yang akan memberikan tausiyah pada kesempatan ini. Sebelum pengajian dimulai,Ustaz Budi Santosa selaku Waka Humas memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut.dan dilanjutkan dengan penampilan Tim Hadrah MTsN Surakarta 1. Mereka memeriahkan pengajian dengan membawakan 3 buah lagu.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal yang tidak kalah penting adalah kita sebagai umat-Nya selalu mengucapkan syukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita,”tutur Budi Santosa saat memberikan sambutannya. Budi Santosa juga menyampaiakn bahwa peringatan hari besar Islam merupakan media bagi seluruh umat Islam pada umumnya dan siswa madrsah khususnya untuk menguatkan dan menyegarkan pemahaman tentang ajaran Islam.

“Isra’ Mi’raj mengisahkan tentang perjalanan Nabi Muhammad saat menerima syariat kewajiban salat lima waktu dalam sehari. Kata Isra’ menjelaskan mengenai perjalanan Rasulullah SAW menembus ruang hingga bisa menempuh jarak Masjdil Haram dan Masjidil Aqsa dalam waktu singkat.Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan dari Msjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha,”jelas Sunaryo dalam tausiyahnya.Sunaryo juga menyampaikan bahwa pentingnya siswa madrsah menjalankan perintah Allah tentang salat. “Jangan sampai siswa madrasah mengerjakan salat lima waktu terlambat waktunya apalagi sampai bolong-bolong.

Jadikan peristiwa Isra Mi’raj ini untuk menambah semangat kalian untuk beribadah pada Allah SWT”tambah Sunaryo
Seluruh siswa, bapak, ibu guru dan pegawai mengikuti pengajian dengan antusias. Apalagi ustaz Sunaryo ini terkenal sebagai pendakwah yang lucu dalam menyampaikan materinya. Beliau terkenal sebagai dalang atau sering dikenal dengan sapaan “Ustaz Gedang Klutuk. “Ustaznya lucu, jadi nggak boring ndengerinnya. Cara menyampaikan materinya santai tapi tetap bisa kita terima dengan baik, “tanggap Humaira, Kelas 7 Sains 3.

Kegiatan pengajian selesai dan dilanjutkan acara dengan makan bersama seluruh siswa.Seluruh siswa hari ini diminta untuk membawa sarapan dengan menu sehat. Makanan yang terdiri dari nasi, sayur dan telur. Kegiatan sarapan sehat ini bertujuan untuk membiasakan anak-anak untuk makan makanan sehat. “Dari hasil skrinning tes kesehatan kemarin ada beberapa anak yang terdeteksi memeliki Hb yang tinggi. .Beberapa anak menyampaikan seringnya mengonsumsi gorengan untuk lauk dan camilan. Konsumsi gorengan yang berlebihan memicu Hb yang tinggi,”jelas Dewi Nurjannah, Sie UKS.

“Alhamdulillah 2 kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Pengajian Peringatan Isra’ Mi”raj dan sarapan sehat bersma sudah selesai. Setelah kegiatan ini anak-anak tetap mengikuti KBM sampai selesai. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk siswa MTsN Surakarta 1,”harap Rais Hidayat, Waka Kurikulum. (Tim Jurnalis/ Mutiara/bd)