Jambore Daerah MTs , Kontingen Banyumas Siap Menjadi Yang Terbaik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto (Humas) – Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah menggelar Jambore Daerah Madrasah Tsanawiya (MTs) tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Tengah bertempat di  Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Kabupaten Jepara. Acara dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta. Senin (05/08)

Jambore MTs tingkat Provinsi Jawa Tengah tersebut berlangsung dari tanggal 4 s.d. 7 Agustus, dan diikuti oleh 770 peserta tergabung dalam 22 kontingen perwakilan dari 35 kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah.

Jambore Pramuka Madrasah Tsanawiyah (MTs) tingkat Provinsi Jawa Tengah ini, merupakan perhelatan atau pertemuan besar anggota Pramuka, bertujuan sebagai wadah pertukaran budaya dan menjalin persahabatan antara peserta anggota Pramuka dari berbagai daerah yang hadir. Selain itu, kegiatan Jambore MTs ini bisa membuka wawasan dan bekal bagi peserta buat jadi pemimpin dimasa mendatang.

Edi Sungkowo, Kasi Pendma mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama Banyumas, saat melepas kontingen Jambore Pramuka MTs di aula Al Ikhlas menyatakan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Banyumas telah memberikan sokongan penuh.

“Kementerian Agama selalu mendukung penuh kegiatan besar  seperti ini, mulai dari koordinasi saat perekrutan, pelatihan, hingga memberikan stimulan dan dukungan moral. Kita juga bekerjasama dengan tim pelatih dari Kwarcab Banyumas untuk memberikan pelatihan baik teknis ataupun materi kepramukaan. Kami berdoa agar kontingen Banyumas dapat meraih prestasi terbaik,” ujarnya

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kasi Pendma, Sudir Ka Mabigus MTsN 1 Banyumas menjelaskan bahwa kontingen dari Banyumas merupakan gabungan dari tiga MTsN yang terlibat, yakni  MTs Negeri 1, 2, dan 3.

“Kami mendukung penuh dengan persiapan yang matang, kontingen Kabupaten Banyumas bertekad untuk menunjukkan kemampuan mereka dan meraih hasil terbaik dalam Jambore MTs tingkat provinsi. Seluruh peserta dan pendukung berharap agar usaha mereka dapat membuahkan hasil yang membanggakan bagi Kabupaten Banyumas,” Jelas Sudir.

Persiapan untuk ajang bergengsi ini telah dilakukan dengan matang, selama sebulan terakhir, mulai awal Juli 2024, kontingen Banyumas menjalani serangkaian latihan intensif yang melibatkan seluruh peserta. Latihan ini melibatkan pelatih dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas serta pelatihan mandiri di masing-masing madrasah.

“Kami sudah memulai mempersiapan sejak awal Juli dengan seleksi ketat di masing-masing madrasah. Kontingen Banyumas terdiri dari 22 peserta, putra 11 orang dan  putri 11 orang, yang telah menjalani lima kali training center di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas. Selain itu, kami juga mengadakan latihan gabungan di MTs Negeri 1, 2, dan 3 secara mandiri.” Terang Kori, selaku Bina Damping putri.

Nasif Rafif Akmal, pemimpin regu putra menyampaikan bahwa kontingen dari Banyumas telah siap untuk mengikuti kegiatan Jambore MTs ini.

“Kami sudah mempersiapkan diri dengan maksimal. Selama hampir dua bulan berlatih penuh, kami berusaha keras untuk tampil terbaik. Insya Allah, kami siap untuk meraih juara.” pungkasnya. (nis/tum/rk)