Jelang Pemberangkatan Jamaah Haji, Kemenag Kab.Semarang Gelar Rakor Bersama Stakeholder Terkait

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Rakor Persiapan Pemberangkatan CJH Kabupaten Semarang 1445H / 2024M

Ungaran (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah gelar rakor persiapan pemberangkatan calon jamaah haji 1445 H / 2024 M di Aula serbaguna gedung PLHUT Kab.Semarang, Senin (13/4/2024) pagi.

Hadir dalam kegiatan, Plh.Kakankemenag Kab.Semarang, Zulkifli, Kasi PHU Titik Halimah, perwakilan dari Polres Semarang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kasi Kesra Setda Kab. Semarang dan Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Semarang.

Dalam sambutannya, Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan pemberangkatan haji tahun ini harus lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat tahun ini jamaah yang diberangkatkan cukup banyak yakni sekitar 790 orang.

“Jadi jangan sampai ada hal-hal yang kita abaikan dalam proses pemberangkatan juga nanti saat pemulangan. Sebab kalau proses awalnya sudah dipersiapkan dengan matang, insyaallah nanti kemudahan-kemudahan di belakang akan mengikuti,” kata Zulkifli.

Sementara itu, Kasi PHU, Titik Halimah menyampaikan bahwa tahun ini regulasi terkait keberangkatan jamaah haji memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain terkait istithoah kesehatan bagi calon jamaah haji, data jamaah yang awalnya cadanganpun nyatanya sudah dua kali naik menjadi reguler.

“Memang selalu ada hal-hal baru terkait penyelenggaraan ibadah haji. Untuk itu kami senantiasa berkoordinasi dengan stakeholder terkait guna memastikan kesiapan pemberangkatan calon jamaah haji pada 26 dan 27 Mei mendatang,” katanya.

Berbagai hal yang dibahas dalam rapat koordinasi diantaranya terkait pemantapan titik kumpul jamaah, prosesi pelepasan di tingkat Kecamatan, dokumen kesehatan yang perlu disiapkan jamaah termasuk pengawalan dari petugas saat pemberangkatan.(shl/Sua)