Kakankemenag Sebut Pentingnya Moderasi Beragama Intern Umat Kristen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kepala Kankemenag Nurudin saat menyampaikan materi moderasi beragama pada kegiatan dialog intern umat beragama dan penguatan moderasi beragama bagi perwakilan pemimpin gereja Kristen di wilayah Kabupaten Semarang (10 Mei 2023).

Ungaran (Hotel C3)—Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Semarang menegaskan bahwa moderasi beragama bagi umat Kristen juga sangat perlu dan penting. Mengingat dalam Agama Kristen terdapat sekian banyak sekte. Hal ini disampaikan Kakankemenag saat menjadi narasumner pada acara “DIALOG INTERN UMAT BERAGAMA dan PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI LEMBAGA KEAGAMAAN KRISTEN KAB. SEMARANG,” secara tatap muka di Hotel C3 Ungaran pada Selasa, 10 Mei 2023.

Dalam acara ini, Kakankemenag Kabupaten Semarang, Nurudin menyampaikan bahwa perlu tetap diusahakan untuk menjaga agar sesama Kristen bisa tetap rukun dan damai satu sama lain, meski berbeda aliran pemahaman. Para pemimpin gereja diharapkan tetap mengedepankan sikap saling menghormati di antara sesama pemimpin gereja meski berbeda lembaga gerejanya.

Menurut pemaparannya dalam acara tersebut, Kakankemenag menyampaikan, “Pernah terjadi satu masalah, saat sebuah gedung gereja hendak didirikan, ternyata sesama umat Kristen hanya karena lembaga gerejanya berbeda kemudian mencoba menghalang-halangi pendiriannya”.

Dengan demikian Kakankemenag Kabupaten Semarang mengingatkan kepada segenap pemimpin gereja Kristen agar tetap mengedepankan dialog untuk kekeluargaan.

Lebih lanjut Nurudin menjelaskan bahwa ada sebuah lembaga yang sudah terbentuk dalam masyarakat yang bernama FKUB.  Forum Komunikasi Umat Beragama ini adalah salah satu lembaga yang mewadahi untuk mengkomunikasikan kerukunan antar dan inter umat beragama diharapkan dapat memfasilitasi terciptanya kerukunan antar dan intern umat beragama.

“Sekali lagi, mari kita jaga Kabupaten Semarang supaya tetap aman, tenteram dan damai.  Selesaikan semua masalah-masalah yang ada dengan cara musyawarah.  Dengan harapan agar dengan terciptanya kerukunan intern umat beragama bisa mendukung kemajuan dan pembangunan bangsa dan negara menjadi lebih baik,” pungkasnya.(Feria Sugiarto/Sua)