Kakanwil Hadiri Wisuda Angkatan Perdana Sekolah Tinggi Khonghucu Indonesia Purwokerto

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto (Humas) – Sekolah Tinggi Khonghucu Indonesia (STIKIN) Purwokerto menggelar acara Wisuda Perdana dan Dies Natalis ke IV, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Surya Yudha. Dihadiri Sekertaris Jenderal Kemenag RI, Nizar Ali dan Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad untuk memberikankan sambutan, Rabu (21/02/2024).

Wisuda yang diikuti oleh 19 mahasiswa dari Fakultas Pendidikan Agama Khonghucu ini dihadiri pula oleh PJ. Bupati Banyumas, Hanung Cahyo S, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Ibnu Asaddudin, Kasubbag TU, Kasi dan Penyelenggara Kantor Kemenag Kab Banyumas, serta para pendiri STIKIN.

Prosesi wisuda berlangsung meriah dengan berbagai atraksi seni dan budaya yang dibawakan oleh mahasiswa. Selain itu, momen pemberian gelar oleh Rektor kepada para wisudawan juga menjadi highlight utama acara wisuda tersebut.

“Ritus wisuda ini menjadi starting poin bagi tersemainya berjuta harapan dan keinginan kita semua,” ucap Nizar Ali.

Menurut Sekjen Kemenag RI, bahwa wisuda bukan saja ritus penetapan dan ekspos kelulusan yang ditandai dengan penyerahan ijazah, tetapi juga mempunyai makna bagi para pelaku yang terlibat didalamnya bahkan bagi para wisudawan/wisudawati beserta keluarga besarnya.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Agama Jawa Tengah siap menjadi jembatan bagi perkembangan STIKIN.

“Kami Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyediakan diri untuk menjadi sahabat bagi STIKIN. Terdapat lima Universitas Islam Negeri dan beberapa kampus Keagamaan di Jateng, yang ini tentu bisa menjadi sahabat-sahabatnya STIKIN,” jelas Kakanwil.

Untuk diketahui, STIKIN Purwokerto berdiri empat tahun lalu yang diresmikan pada tanggal 19 Februari 2021. Dengan jumlah mahasiswa awal 38 orang dan sampai saat ini total tercatat 100 mahasiswa aktif dari seluruh Indonesia. Pelaksanaan perkuliahan dilakukan secara langsung tatap muka dan online.

Sementara itu Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo berhap STIKIN Purwokerto dapat menghasilkan lulusan tenaga akademik yang profesional, terampil dan mempunyai dedikasi yang berkualitas di bidang pendidikan sesuai dengan bidangnya.(S)