Kakanwil Kemenag Turut Membuka Porsema XII Ma’arif NU Jawa Tengah Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kabupaten Semarang (Humas) – Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Provinsi Jawa Tengah ‎menggelar Pekan Olah Raga dan Seni Ma’arif (PORSEMA) XII Tahun 2023, Jumat – Ahad (9 – 12 Februari 2023) di Kabupaten Semarang.‎

Kegiatan yang mengusung tema Menyongsong Satu Abad NU ‎Menuju Generasi Sehat, Sportif, Kreatif dan Berkarakter itu dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, KH. Taj Yasin Maimoen, bersama H. Muhammad Ali Ramdhani, selaku Ketua LP Ma’arif NU PBNU sekaligus Dirjen Pendis Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Prov Jateng H. Musta’in Ahmad, Ketua PWNU Provinsi Jawa Tengah, KH. Muhammad Muzamil, Rois Syuriah PWNU Jateng, serta KH Ubaidullah Shodaqoh, dengan upacara pembukaan di arena tenis Komplek Gor Pandanaran Wujil, Jumat (10/02).

Dalam amanatnya, Wakil Gubernur mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Porsema oleh LP Ma’arif ‎NU Jawa Tengah, meski sempat tertunda beberapa tahun akibat pandemi.

“Kepada kontingen selamat bertanding, prestasi yang kalian torehkan akan menjadi catatan penting bagi kabupaten kota masing-masing. Sportif itu harus, kemenangan itu bonus,” ucap Taj Yasin.

Maskot Porsema tahun ini adalah Cucak Rowo, dimana menurut panitia pelaksana bahwa burung cucak rowo adalah salah burung yang dikenal aktif dengan suaranya yang merdu.

“Mewakili panitia kami sampaikan bahwa acara porsema XII Tahun 2023 adalah event 2 tahunan yang tujuannya untuk mempererat persaudaraan LP Ma’arif se Jateng. Selain itu untuk menggali bakat olahraga dan seni, sehingga dapat mengembangkan karakter peserta didik,” jelas Ketua LP Ma’arif PWNU Jateng, R. Andi Irawan.

Sebagaimana disebutkan dalam laporan ketua panitia pelaksana oleh R. Andi Irawan, Porsema ke-12 ini diikuti 31 kab/kota se-Jawa Tengah dengan jumlah peserta 6.415 dari sekolah/madrasah di lingkungan PC LP Ma’arif ‎NU se Jawa Tengah mulai dari MI, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK.

Kegiatan juga diramaikan 200 stand bazar dan pameran, serta kesenian dan wayang.

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan terdiri 9 cabang olah raga dan 14 ‎cabang seni. Cabang olah raga meliputi bola voli, tenis meja, bulu tangkis, futsal, ‎sepak takraw, catur, pencak silat pagarnusa, lari sprint dan lari jauh. Sedangkan cabang seni meliputi pencak silat wiraloka, debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab, kaligrafi, poster, MTQ, puisi religi‎, karaoke qasidah, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa ‎Jawa, film dokumenter, dan penulisan biografi kiai local.

Tampak hadir pada upacara pembukaan, Bupati Semarang, Ketua PCNU Kab. Semarang, Rois Syuriah PCNU Kab Semarang PC Muslimat NU, pengurus LP Maarif NU, serta sejumlah tamu undangan dan forkopimda.(Bn_Sua/Rf)