Kanwil Kemenag Jateng Raih Penghargaan Terbaik Kedua Secara Nasional dalam Program Revitalisasi KUA Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Kemenag Prov. Jateng menerima penghargaan sebagai provinsi terbaik kedua tingkat nasional kategori Inovasi Layanan Program Revitalisasi KUA Tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan saat Rapat Koordinasi Evaluasi dan Penguatan Revitalisasi KUA yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI dan diterima langsung oleh Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Zainal Fatah di Hotel Orchardz Jakarta Sabtu, (08/4).

Rakor dibuka oleh Dirjen Bimas Islam Prof. Kamaruddin Amin. Ia menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah terdapat 1.506 KUA di seluruh Indonesia yang telah mendapatkan program revitalisasi.

”Sebagai institusi layanan publik, KUA diharapkan bisa berperan lebih dalam merefleksikan seluruh tugas dan fungsinya dalam melayani fungsi agama secara komprehensif yang menjadi seluruh kebutuhan umat,” tutur Kamarudin.

“Program Revitalisasi KUA adalah wujud kehadiran negara dalam rangka menjadi problem solving persoalan keumatan, oleh karenanya agar KUA terus melakukan inovasi dalam berbagai aspek layanan agar berbagai permasalahan keumatan dan persoalan yang berbasis keluarga mampu dicarikan solusinya sehingga mampu berkontribusi terhadap negara dalam rangka mewujudkan generasi emas 2045,” jelasnya.

Zainal Fatah selaku Kabid Urais menegaskan bahwa KUA di Jateng siap wujudkan pelayanan yang prima.

“Di tahun 2022 sudah ada 6 Gedung KUA dan Manasik Haji yang telah terselesaikan dengan tepat waktu. Revitalisasi KUA bukan hanya sekedar bangunannya saja yang bagus, tetapi juga harus dibarengi dengan pelayanan yang maksimal. KUA Jateng akan terus meningkatkan kualitas pelayanan,” imbuh Zainal. (D/Rf)