Karakter Akhlakul Karimah, Keunggulan Madrasah yang Sulit Ditandingi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Salah satu keunggulan Pendidikan madrasah adalah kuatnya penanaman karakter keagamaan dalam rangka mencetak generasi yang Islami dan berakhlak mulia. Pembiasaan kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah bagi guru, karyawan, dan para siswa menjadi pemandangan yang umum ditemui di setiapa madrasah.

Sebagaimana diungkap Kepala MTsN 2 Magelang, Dra. Sholihah, MSI, di ruang kerjanya, Selasa, 26/07/2022, madrasahnya sudah rutin menyelenggarakan kegiatan salat berjamaah bagi seluruh warga sekolah.

“Sebagai upaya membentuk generasi yang Islami dan berakhlakul karimah, madrasah telah menyelenggarakan program kegiatan salat berjamaah,” kata Solihah.

Kegiatan lain yang menjadi kebiasaan madrasah adalah pembiasaan menyapa dan menyambut kedatangan siswa setiap pagi hari. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan adab dan sopan santun yang menjadi prioritas utama terbentuknya akhlakul karimah.

“Setiap pagi seluruh Bapak dan Ibu Guru menyambut kehadiran siswa di madrasah. Menyapa para siswa akan menimbulkan keakraban dan menanamkan sikap saling menghormati antara orang tua dan anak-anak,”¬†lanjut Solihah.

Pembiasaan-pembiasaan positif yang dilakukan madrasah diharapkan dapat membentuk karakter positif bagi seluruh siswa, khususnya implementasi adab dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

“Yang kita bentuk bukan hanya kecerdasan pikiran saja namun juga kecerdasan spiritual siswa. Jadi madrasah punya tanggung jawab agar para siswa mantap dalam ilmu pengetahuan, lembut dan santun dalam perilakunya, dan mantap ilmu agamanya,” tegas Sholihah.(kf-m45k/Sua)

Para siswa dan guru mengikuti salat berjamaah di MTsN 2 Magelang.