Karomah: ”Bersedekah Adalah Salah Satu Ibadah Sosial Terbaik Di Bulan Ramadhan”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Magelang Tengah bagikan sembako sebagai wujud syukur dan berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan. (Kamis, 14/4).

Kegiatan berbagi di bulan Ramadhan ini menjadi ajang kerjasama rutin diselenggarakan disetiap tahunnya antara PAIF Kecamatan Magelang Tengah dengan majlis taklim yang menjadi binaanya.

Sedekah adalah salah satu perwujudan rasa syukur seorang hamba atas karunia Allah SWT yang diberikan kepadanya. Sedekah dilakukan dengan memberikan sebagian harta kita terhadap orang yang membutuhkan. Harta itu dapat berupa uang, makanan, barang benda, bahkan ada yang mengatakan bahwa senyum juga termasuk sedekah.

Ditemui ditengah kesibukannya PAIF Magelang Tengah menjelaskan fadhilah bersedekah dibulan Ramadhan sebagai wujud dari kepedulian sesama.

“Ramadhan itu terbagi dalam 3 waktu keutamaan. Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah pembebasan dari neraka. Bersedekah adalah salah satu ibadah sosial terbaik di bulan ramadhan,” ujar Karomah singkat namun berisi.

”Fadhilah ibadah di bulan Ramadhan itu luar biasa, pahalanya dilipat gandakan. Ramadhan menjadi bulan terbaik melakukan sedekah sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama, serta untuk menguatkan ukuwah Islamiyah,” lanjutnya.

Kegiatan semacam ini mendapat sambutan hangat dari lingkungan sekitar. Selain untuk menciptakan iklim sejuk dan silaturahmi yang baik dengan warga, kegiatan semacam ini akan menumbuhkan kepercayaan dan mempereksis keberadaan penyuluh agama Islam  di tengah masyarakat.

Tidak hanya berbagi sembako saja, kegiatan lain yang juga peroleh apresiasi dari masyarakat yakni takjil rutin selama bula Ramadhan disetiap sore.

Pantasyarufan sembako di tahun ini juga lebih meningkat cakupannya pun diperlebar baik kepada marbot, dhuafa, mualaf, ustazd maupun ustazdah. (Karomah/Hari/rf)