Keharmonisan Antar Umat Beragama Adalah Kunci Menjaga Keutuhan Negara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad didampingi Kabid Pendidikan Madrasah, Saifulloh membuka Orientasi Penguatan Moderasi Beragama pada Bidang Pendidikan Madrasah di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang berlangsung di Hotel Quest Semarang, Selasa (23/8).

Dalam arahanya Kakanwil menegaskan kepada para peserta untuk fokus dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Saat ini kita dibawa pada suasana dimana ketika seseorang itu tidak sama dengan kita. Tuhan memberikan kesempatan yang sama kepada semua manusia untuk mengekpresikan kehidupannya dengan segala kasih sayang dan keadilannya. Maka dari itu kita perlu pemahaman yang utuh, pemahaman yang benar tentang bagaimana kita melihat perbedaan itu dan cara menghadapinya,” tegas Kakanwil.

Moderasi beragama itu bukan pendangkalan agama, tetapi mengajarkan untuk bersikap moderat antar sesama. Keharmonisan antar umat beragama merupakan salah satu kunci untuk menjaga keutuhan negara.

Kakanwil juga mengingatkan agar setiap ASN Kemenag dapat memegang teguh ideologi pancasila, setia dan mempertahankan UUD 1945, serta mengabdi kepada rakyat dan bangsa Indonesia.

“ASN Kemenag diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai – nilai kebangsaan dan tidak membedakan golongan agama, budaya dan ras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai aparatur pemerintah kita tidak boleh khianat kepada negara,” pesannya.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari mulai dari tanggal 23 s.d 26 Agustus 2022. (d/rf)