Kemenag Bersinergi Dengan Wartawan Dalam Pembentukan Citra Lembaga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Pada saat ini kita di hadapkan pada era transparansi dan perkembangan tehnologi informasi yang telah menjadikan masyarakat lebih kritis, dinamis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat di masyarakat, kondisi seperti ini menuntut instansi/satker dalam hal ini Kantor Kementerian Agama untuk mengakomodir dan melayani keinginan masyarakat/lembaga sosial untuk memperoleh data dan informasi baik masalah haji, pendidikan, pernikahan dan lain sebagainya. Untuk itu di perlukan pelaksana kehumasan yang handal untuk mengimbangi arus informasi di masyarakat yang kadang merugikan instansi pemerintah.

Selain itu kehumasan diharapkan bisa menciptakan citra lembaga (corporate image) menjadi baik serta secara aktif melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan kepada masyarakat atau kepada media baik cetak atau elektronik. Sehingga peran Kemenag dalam pelayanan kepada masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat disamping sebagai perimbangan terhadap berita-berita miring yang menyudutkan Kementerian Agama.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Wonogiri H. Subadi ketika menerima kunjungan wartawan senior daerah, Bambang Pur dari Harian Suara Merdeka di Ruang kerjanya, Jum’at (28/04)  di dampingi JFT Humas H. Mursyidi dan dari kepegawaian Sarwono.

“Untuk itu di harapkan Kankemenag Wonogiri juga harus bersinergi dengan awak media massa di daerah, utamanya untuk melakukan publikasi kegiatan keagamaan serta mendapat masukan dari wartawan tentang keinginan dan harapan dari masyarakat khususnya bidang keagamaan”, harap Subadi.

Ka. Kankemenag Wonogiri pada kesempatan tersebut  juga menyampaikan bahwa kehumasan sangat penting dan sangat urgent dalam upaya mewujudkan Kementerian Agama yang memiliki citra positif, Kemenag yang bersih dan berwibawa. Dalam mewujudkan itu semua, maka humas memiliki peran strategis dan merupakan garda terdepan dalam mewujudkan suatu lembaga yang memiliki citra baik atau buruk, baik  lewat publikasi dan pemberitaan.

“Tidak dapat dielakkan lagi bahwa ke depan wajah kehumasan akan menjadi representasi bagi wajah lembaga Kementerian Agama, pelayanan data dan informasi yang transparan, profesional dan berkredilibitas akan memberikan kontribusi positif bagi akuntabilitas lembaga di mata publik. Peran kehumasan dapat berjalan lebih profesional sehingga dapat tercapainya pelayanan yang prima kepada publik” Jelas Ka. Kankemenag

Dalam rangka membangun image atau citra Kementerian Agama yang baik di masyarakat, H. Subadi mengharapkan perlunya keterlibatan satker baik KUA dan madrasah untuk aktif mempublikasikan kegiatannya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat serta mampu memberikan respon dan tanggapan terhadap pemberitaan yang mencuat dalam media sosial yang menjadi keluhan masyarakat, terutama publikasi melalui website masing Kankemenag Wonogiri dan Kanwil Kemenag Jateng.

Sedangkan wartawan senior Bambang Pur menyampaikan siap untuk bersinergi dan bekerjasama dengan Kemenag Wonogiri utamanyan dalam pemberitaan bidang agama utamanya haji dan bidang pendidikan keagamaan atau yang lainnya. (H. Mursyid _ H. Heri P/Wul)