Semarang (Humas) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng melalui Bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Rapat Koordinasi terkait pelaksanaan KMA no. 450 tahun 2024 untuk mengembangkan kurikulum dan peningkatan mutu pendidikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Majeng Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Rabu,(16/09/2024) yang dibuka oleh Kabid Pendidikan Madrasah Ahmad Faridi, didampingi oleh Ketua Tim Kerja Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Juair dan Ketua Tim Kerja Evaluasi Program Tendik Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jateng Siti Mutmainah.
Berdasarkan data yang disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Kurikulum Bidang Pendidikan Madrasah, sebanyak 99,6% Madrasah di Jawa Tengah telah menerapkan kurikulum merdeka.
“Hal ini merupakan bentuk soliditas dari semua pihak dalam melancarkan program kurikulum tersebut, sehingga hampir 100% madrasah bisa mengikuti, hanya 0,4% madrasah yang belum bisa mengikuti karena madrasah tersebut baru menerima izin operasional,” ungkap Juair.
Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah menyampaikan bahwa pentingnya stakeholder dalam memahami dan mengimplementasikan KMA No. 450 Tahun 2024 untuk meningkatkan kualitas peserta didik agar lebih mengembangkan potensi secara optimal.
KMA ini diikuti dengan beberapa pedoman antara lain Panduan Kurikulum Madrasah, Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan (MA), Panduan Pembelajaran Penilaian (asesmen), dan Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5RA).
“Kurikulum Merdeka saat ini memang belum sepenuhnya diberlakukan menyeluruh pada madrasah. Dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan berfokus pada pengembangan karakter serta kompetensi siswa, diharapkan kurikulum ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” tutup Ahmad Faridi.
Rapat Koordinasi Penguatan IKM tersebut dihadiri oleh Kasi Penmad, Pokjawas Madrasah Kab/kota se – Jawa Tengah serta perwakilan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA), Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTS), Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) Provinsi. (Da/bel)