081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

Search
Close this search box.

Kemenag Jateng Siapkan Kontingen Kemah Pramuka Madrasah Nasional 2024

Semarang (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah melalui bidang Pendidikan Madrasah menyelenggarakan rapat persiapan Kemah Pramuka Madrasah Nasional 2024 di auditorium Majeng, Rabu (23/10/2024).

Buka kegiatan, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Ahmad Faridi menuturkan Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah mengumumkan program Kemah Pramuka Madrasah Nasional (KPMN) akan kembali digelar setelah sempat berhenti beberapa tahun.

”Digelarnya kembali KPMN ini merupakan bagian dari revitalisasi pendidikan karakter di madrasah. Ini menjadi sebuah program prioritas yang mengedepankan kolaborasi dan integrasi pendidikan keagamaan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang membentuk sikap dan perilaku generasi muda,” ujarnya.

Kemah Pramuka Madrasah Nasional rencananya akan dilaksanakan tanggal 17-22 November 2024 di Cibubur. Apresiasi luar biasa karena angin segar ini menuai antusias madrasah se-Jawa Tengah untuk mendaftarkan regu pramukanya.

“Meskipun hanya sebagian peserta dari Pulau Jawa yang diharapkan hadir, ternyata banyak yang mendaftar. Terdapat regu putra berjumlah 15 dan regu putri berjumlah 17 sedangkan kuotanya tidak sebanyak itu, maka kami berupaya untuk adanya tambahan kuota untuk Jawa Tengah,” jelas Ketua Tim Kerja Kesiswaan, Agus Widakdo.

Alternatif lain untuk mengefektifkan peserta adalah dengan madrasah memilih salah satu regu yang paling unggul antara putra dan putri, atau dengan penggabungan regu masing – masing daerah. Juga tim Pendidikan Madrasah Kanwil akan menyeleksi regu yang layak untuk mengikuti kegiatan nasional tersebut. (Ay/bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content