Kemenag Kab. Pekalongan Gelar Manasik Gabungan di 19 KUA Kecamatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN,- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan menggelar Manasik Haji gabungan dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) yang dibagi menjadi 6 koordinator wilayah (korwil) selama tiga hari mulai Rabu (10/05/2023)

Korwil 1 dilaksanakan di Gedung IPHI Kabupaten Pekalongan merupakan gabungan dari Kecamatan Kajen, Kandangserang dan Paninggaran , sedangkan Korwil 2 gabungan dari Kecamatan Bojong, Sragi dan Kesesi  dilaksanakan di Balai desa Bojongwetan, korwil 3 gabungan dari Kecamatan Doro, Karanganyar, Petungkriono, Talun dan Wonopringgo dilaksanakan di Aula RM Kampungdamai Karanganyar

Korwil 4 gabungan Kecamatan Buaran dan Tirto  dilaksanalan di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Buaran, dan Korwil 5  gabungan Kecamatan Wiradesa, Siwalan, dan Karangdadap  dilaksanakan di PPAI Kecamatan Kandangan.

Kegiatan ini berlangsung sejak Rabu (10/05) hingga Jum’at (12/05). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Imam Tobroni menyampaikan pentingnya bimbingan manasik haji bagi calon jamaah haji. “Bimbingan Manasik Haji sangat penting untuk para Calhaj. Mereka akan mendapatkan pendalaman materi tentang hal-hal yang harus dilakukan, mulai dari sebelum keberangkatan, pelaksanaan haji, sampai kembali lagi ke tanah air. Terutama ilmu tentang ibadah haji, syarat wajib dan rukun haji harus tahu. Lalu, proses perjalanan ibadah hajinya bagaimana harus mereka ketahui,” jelasnya

Ia menambahkan pentingnya rasa syukur kepada Allah SWT “Mari bersyukur dengan sepenuh hati kepada Allah SWT atas haji tahun ini dengan menyiapkan betul baik fisik maupun mental selama melaksanakan rangkaian ibadah haji tahun ini. Rukun Islam kelima ini memang ibadah yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental dalam pelaksanaan rangkaian prosesi ibadahnya. “pungkasnya. (MTb/bd)