081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Kemenag Kab. Tegal Sukses Gelar UKKJ Periode 2 Tahun 2024

Kab Tegal (Humas) – Kementerian Agama Kabupaten Tegal sukses menyelenggarakan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru untuk Periode 2 Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 26 hingga 27 Agustus 2024, bertempat di lab komputer MTs Negeri 2 Tegal.

Sebanyak 59 guru Guru PNS pada Madrasah Negeri dan Madrasah swasta serta Guru Agama pada Sekolah Negeri di lingkungan Kabupaten Tegal mengikuti ujian ini melalui aplikasi SIMPKB. Rinciannya, UKKJ Guru Ahli Pertama ke Muda sebanyak 7 orang, dan UKKJ Guru Ahli Muda ke Madya, sebanyak 52 orang.

UKKJ ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses kenaikan jenjang jabatan fungsional guru, yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para guru sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, H.M. Aqsho,melalui Plt. Kasubbag TU, H. Mujahidin Nurburhan mengungkapkan bahwa UKKJ ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. “Kami berharap, melalui uji kompetensi ini, para guru dapat terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya, sehingga mampu memberikan pendidikan yang lebih baik bagi peserta didik,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya integritas dan objektivitas dalam proses penilaian. “Kami pastikan bahwa proses penilaian dilakukan secara transparan dan objektif, sehingga hasil yang diperoleh benar-benar mencerminkan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta,” tambahnya.

Selama pelaksanaan UKKJ, peserta mengikuti berbagai rangkaian ujian yang meliputi Situational Judgment Test (SJT), dan Studi Kasus. Hasil dari uji kompetensi ini nantinya akan menjadi dasar bagi pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional guru.

Para peserta yang lulus UKKJ akan memiliki kesempatan untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi, yang tentunya berdampak pada peningkatan kesejahteraan serta pengakuan atas profesionalisme mereka.

Plt. Kasubbag TU juga mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia yang terlibat dalam kegiatan ini. Ia berharap semoga kegiatan hari ini bisa menjadi evaluasi pada kegiatan-kegiatan serupa berikutnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sangat solid dalam menyiapkan kegiatan ini, semoga menjadi ladang amal ibadah. Dan kami ucapkan terima kasih juga kepada MTs Negeri 2 Tegal yang telah bahu membahu menyiapkan sarana dan prasarana, sehingga kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan rencana,” pungkasnya.

Dengan suksesnya pelaksanaan UKKJ ini, Kementerian Agama Kabupaten Tegal berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalisme para guru, guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing. (adm)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content