Kemenag Kab. Temanggung Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Fatchur Rochman memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024” bertempat di halaman MAN Temanggung, Sabtu (01/06/24).

Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 ini diikuti oleh  Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, Pengawas, Kepala MAN berserta guru, pegawai, penyuluh agama di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Dalam sambutannya Fatchur Rochman membacakan sambutan peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2024 dengan penuh khidmat.

Dalam amanatnya, Fatchur Rochman menyampaikan teks pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pidato tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, serta sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Dalam suasana yang khidmat, seluruh peserta upacara mengikuti rangkaian acara dengan penuh semangat dan rasa kebangsaan. Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara dan teks pembukaan UUD 1945.

Fatchur Rochman dalam amanatnya juga menyampaikan pesan untuk terus meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam melayani masyarakat serta menjaga kerukunan umat beragama. “Pancasila bukan hanya sekedar dasar negara, tetapi juga merupakan pemersatu bangsa. Mari kita jadikan momentum ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Upacara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air dikalangan ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung serta masyarakat luas. Peringatan hari lahir Pancasila menjadi momen penting untuk merefleksikan dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Selanjutnya Fatchur Rochman mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila dan berharap bisa menerapkan nilai Pancasila sebagai esensi dalam menjalankan tugas.(sr/Sua)