Kemenag Kab. Temanggung Gelar Upacara Peringatan HUT Ke 79 Kemerdekaan RI dan Penyerahan Piagam Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024, Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung menggelar upacara bendera yang berlangsung di halaman kantor setempat, Sabtu (17/8/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kasubbbag TU Kankemenag Kab. Temanggung, Agus Latif mewakili Kepala Kankemenag yang bertugas sebagai pembaca Do’a di Alon-alon Temanggung. Sebagai petugas para Mahasiswa UIN Salatiga yang sedang melaksanakan PPL di Kankemenag Temanggung. 

Peserta upacara para Kasi dan penyelenggara, pengawas, penyuluh agama fungsional dan ASN  pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung serta para penerima Satyalancana Karya Satya periode Agustus 2024.

Dalam amanatnya, inspektur upacara menyampaikan sambutan Menteri Agama RI pada Peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia.

“Pada peringatan HUT RI ke-79 tahun ini, mari kita mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Sejatinya kemerdekaan adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat demi kemajuan bangsa. Untuk itulah, setiap kita hadir dengan penghormatan dan komitmen melanjutkan pembangunan,” ujanya.

Bagi ASN Kementerian Agama, HUT RI adalah spirit menjaga harmoni Indonesia. Inilah bukti syukur kemerdekaan, kita lahir dengan ide dan gagasan besar untuk menjalakan pelayanan kepada masyarakat, memastikan bahwa setiap kebijakan dan program menyentuh seluruh lapisan masyarakat, dan menguatkan fondasi keberagamaan dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Nilai-nilai Kemerdekaan mari kita terapkan dengan memperkuat integritas dan profesionalitas ASN. Kita harus menjadi teladan dalam menjalankan tugas, memastikan bahwa setiap keputusan didasarkan pada nilai-nilai luhur agama dan Pancasila. Kita harus lebih kuat menghadapi berbagai tantangan, memastikan kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan upacara bendera ini menjadi salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, upacara ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat semangat nasionalisme di kalangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Temanggung.

Dalam kesempatan ini Agus juga  penyerahan piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 19 pegawai yang telah menunjukkan dedikasi dan kerja luar biasa dalam melaksanakan tugasnya, terdiri dari pagam penghargaan 10 Tahun sebanyak 10 pegawai, penghargaan 20 Tahun sebanyak 1 pegawai dan penghargaan 30 Tahun sebanyak 8 pegawai.

Satyalancana diberikan kepada para PNS dengan memperhatikan masa kerja dan kinerja yang telah dilakukan dan tidak pernah melakukan tindakan indisipliner.

Satyalancana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya,’’ jelas Agus.

Salah seorang penerima penghargaan, Supriyono guru MTsS di lingkungan Kankemenag Temanggung mengungkapkan kebahagiannya menjadi salah satu penerima Satyalancana Karya Satya.

‘’Alhamdulillah, saya menjadi salah satu penerima penghargaan dari presiden setelah lebih dari 10 tahun telah mengabdi menjadi guru di Kementerian Agama,“ pungkasnya.(sr/rk)