Kemenag Kendal Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal gelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman kantor setempat, Jumat (28/10). Diikuti seluruh ASN di lingkungan Kemenag Kendal, upacara berlangsung tertib sejak pukul 07.30 WIB.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal membacakan  amanat Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora). Disampaikannya peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” turur Mahrus.

Tahun ini peringatan Hari Sumpah Pemuda mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa” yang memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Adapun dalam peringatan upacara Hari Sumpah Pemuda ini juga dilakukan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928, sebagai tekad untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Semangat peserta upacara semakin menggebu dalam lantunan lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa dan Padamu Negeri. Teriring doa penutup sebagai penghormatan bagi para pahlawan pejuang bangsa yang telah mengalirkan darah perjuangan mewujudkan kejayaan Indonesia. Maka patutlah sebagai generasi muda saat ini menerima mandat mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045. (bel/bd)