Kemenag Kota Magelang Gelar Rakor Lintas Sektoral Untuk Kesiapan Penjemputan Jama’ah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kewajiban pemerintah daerah dan kementerian agama adalah memberikan layanan terbaik ketika pemberangkatam dan pemulangan Jama’ah Haji. Dengan kata lain melayani saat pemberangkatan ke embarkasi maupun penjemputan dari debarkasi. Pemerintah Kota Magelang bekerjasama dengan Kemenag Kota Magelang berupaya seoptimal mungkin memberikan fasilitas terbaik agar para tamu Alloh ini terlayani dengan baik. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur pada rapat koordinasi Seksi PHU dengan jajaran Pemerintah Kota Magelang, (Senin, 25/7).

“Untuk menjaga dapat berikan layanan terbaik kepada para tamu Alloh yang akan pulang ke tanah air usia beribadah haji, maka pemerintah Kota Magelang dengan Kementerian Agama harus bersinergi. Hari ini mari kita bahas secara rinci dan seksama bagaimana teknis penjemputan para tamu Alloh dari asrama haji Donohudan menuju Kota Magelang. Kita juga akan persiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi atas situasi yang mungkin berkembang dilapangan,” kata Sofia

Lebih lanjut disampikan bahwa kedatangan Jamaah Haji Kota Magelang (SOC 36) sebagaimana diinformasikan akan mendarat di bandara Adi Sumarmo Solo pada tanggal 10 Agustus 2022 pukul 01.30 WIB.  Koordinasi dengan pihak debarkasi Donohudan haruslah intens. Kesiapan pengawalan (voorijder), armada bus untuk penjemputan Jama’ah haji dan maupun truk pengangkut koper perlu dikoordinasikan sejak dini.

Demikian pun dengan akomodasi, kesiapan kepolisian dan Satpol PP saat sampai di Masjid Agung Kauman, pengaturan lalu lintas oleh DLLAJR, acara ceremonial penerimaan Jamaah haji dan lain sebaginaya tentunya menjadi fokus bahasan  dalam koordinasi lintas sectoral kali ini.

“Kesiapan semua stackholder sangat penting mengingat jamaah haji akan mendarat pada dini hari dan sampai di Kota Magelang pun kemungkinan besar menjelang waktu subuh,” jelas Sofia kemudian.

Kegiatan yang dilaksankan di ruang rapat pimpinan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Jl. Uripsumoharjo No. 106 Kelurahan Wates Kota Magelang ini diikuti oleh jajaran internal yakni Kasubbag TU, Kasi PHU, Kasi Bimas Islam dan Ketua Pokjaluh. Sedangkan  dari eksternal hadir olah Kasubbag Kesra, Kadishub dan TPHD.

Sementara itu Kasubbag Kesra Setda Kota Megelang Adi, bersepakat agar program pemulangan jama’ah haji menjadi bagian yang penting yang harus mendapat perhatian ekstra. Mengingat moment ibadah haji saat ini merupakan pertama kalinya setalah tertunda selama 2 tahun karena pandemic Covid 19.

Harapan besar dari pertemuan ini adalah kesiapan semua pihak dalam memberikan pelayanan optimal terhadap jamaah haji asal Kota Magelang. (Wahonio/Hari/rf).