081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kemenag segera gelar Pelaksanaan Kemah Madrasah Nasional ke-I

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Gelaran Agenda Nasional Direktorat Madrasah pada Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah Kementerian Agama tentang Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) tahun 2015, PPMN ini merupakan kali pertama diselenggarakan pada tataran tingkat nasional. Alhamdulillah Jawa Tengah sebagai salah satu propinsi di Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan perdana kemah madrasah nasional. Mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah bukan pekerjaan yang gampang, pasalnya kemah madrasah nasional ini merupakan even perdana yang yang bakal menjadi acuan dalam pelaksanaan kedepan.

Seluruh perhatian tercurah sepenuhnya demi pelaksanaan kegiatan nasional tersebut, koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kwartir Daerah Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Kodam IV Diponegoro, Kwartir Cabang Kabupaten Magelang, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dan tentunya Akademi Militer Magelang terus dirajut guna mendapatkan masukan dan saran demi sukses dan lancarnya Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional yang akan berlangsung pada 11 s.d. 15 Mei 2015 di Lapangan Tembak AKMIL Plempungan Magelang Jawa Tengah.

“PPMN akan diikuti oleh perwakilan pramuka penegak tingkat madrasah aliyah dari 33 propinsi di Indonesia, masing-masing propinsi mengirimkan kontingen putra dan putri dengan disertai pimpinan kontingen dan pembina pendamping yang jumlahnya sudah ditentukan oleh panitia, selain itu akan diikuti juga peserta penggembira dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang akan ikut memeriahkan gelaran even nasional yang akan diikuti ± 1,290 peserta,” ucap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ahmadi saat jumpa pers di ruang kerjanya pagi ini.

Hari ini seluruh kontingen diharapkan sudah masuk lokasi perkemahan dan registrasi ulang, karena besok pagi rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin yang akan didampingi pejabat Kementerian Agama RI, Gubernur Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jawa Tengah, 33 Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia dan Tokoh Agama.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan bahwa, “PPMN sebagai wahana pertemuan bagi Pramuka Madrasah Golongan Penegak guna menjalin ukhuwah persaudaraan, meningkatkan kualitas SDM Pramuka, menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang Gerakan Pramuka dan pengenalan Satuan Karya (Saka), serta membangun diri dan prestasi Pramuka Madrasah melalui pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang dikemas secara kreatif, inovatif, produktif, rekreatif serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan cita-cita Gerakan Pramuka dan cita-cita nasional bangsa Indonesia.”

Menurut Ahmadi PPMN merupakan wujud revitalisasi pramuka di lingkungan madrasah. Terdapat perbedaan dalam pelaksanaan perkemahan madrasah nasional jika dibandingkan dengan kegiatan perkemahan konvensional lainnya. Beberapa diantaranya seperti kegiatan intensif shalat lima waktu berjamaah ,kuliah tujuh menit, tadarus Alqur’an, sholat & dzikir malam. Sedangkan untuk total pelaksanaan kegiatan kepramukaan akan dipandu seluruhnya oleh Kwartil Daerah Jawa Tengah dan Kwartil Cabang Kabupaten Magelang.

Perkemahan pramuka selain sebagai media rekreasi tetapi juga untuk penguatan sisi akademik sosial dan spiritual yang muaranya membangun karakter kebangsaan siswa yang relegius sesuai dengan tujuan utama yaitu keilmuan dan akhlakul karimah. (suripah)