Kemenag Selenggarakan Bimtek Kalibrasi Arah Kiblat Pada KUA Kecamatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui Seksi Bimas Islam menyelenggarakan Pembinaan pegawai sekaligus bimbingan teknis Kalibrasi Arah Kiblat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kajen, Kamis (16/02/2023)

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Moh.Irkham selaku penyelenggara pada kesempatan tersebut menyampaikan tujuan diselenggarakanya kegiatan pembinaan pegawai KUA.

“Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan memberikan pembekalan kepada pegawai KUA tentang kalibrasi arah kiblat, KUA bukan hanya melakukan pelayanan nikah saja, tetapi juga memberikan bimbingan layanan keagamaan lainya diantaranya tentang kemasjidan. layanan kalibrasi arah kiblat.  Dengan keguatan ini diharapkan layanan kalibrasi arah kiblat di KUA semakin meningkat. “ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sukarno, dalam arahannya menyampaikan perlunya peningkatan layanan pada KUA diantaranya layanan kalibrasi arah kiblat, layanan manasik haji, karena KUA juga sebagai penyelenggara manasik haji di tingkat kecamatan, maka pengetahuan tentang manasik dan info haji harus juga dikuasai oleh setiap pegawai KUA.

Lebih lanjut, Sukarno juga menginformasikan tentang proses pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, terkait Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang ditanggung jemaah dengan rata-rata Rp49.812.700,26 (55,3%) dan penggunaan nilai manfaat per Jemaah sebesar Rp40.237.937 (44,7%).

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi bimtek kalibrasi arah kiblat oleh para ahli antara lain KH. Abdilloh Dibaji dan Ust.Haikal Hidayatulloh yang dilanjutkan dengan praktek pengukuran kiblat. (Moh. Irkham/MTb/bd)