Kementerian Agama Kab. Pekalongan Selenggarakan Donor Darah Dalam Rangka HAB Kementerian Agama RI Ke-77

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN – Dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan sosial donor darah yang berlangsung di Ruang Aula Kantor Kemenag Kab. Pekalongan, Ahad, (15/01/2022). 

“Kegiatan donor darah ini diikuti oleh pegawai Kementerian Agama Kab.Pekalongan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. Target kegiatan donor darah kali ini yaitu sebanyak 53 kantong darah dari peserta yang sudah disetujui oleh dokter dari PMI,” kata Ketua Panitia HAB Kementerian Agama Kab. Pekalongan, Asrofi

Peserta yang akan melakukan donor darah diseleksi terlebih dahulu melalui screening atau pemeriksaan dari petugas PMI untuk mengecek dahulu apakah mereka memiliki kondisi badan yang sehat, dalam artian memiliki tensi darah dan kadar sel darah yang cukup, memiliki berat badan yang cukup, tidak meminum obat-obatan, tidak menggunakan narkoba, dan tidak memiliki riwayat penyakit yang menular. 

Sementara itu Aries Muhafi pegawai Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pekalongan menyampaikan harapanya agar semakin banyak pegawai dan masyarakat yang berpartisipasi mendonorkan darahnya “sebab kebutuhan darah kami sekitar 1.200 sampai 1.300 kantong tiap bulannya, sementara jumlah pendonor di PMI kabupaten Pekalongan masih kurang dari target, jumlah pendonor yang datang langsung di UDD PMI Kabupaten Pekalongan rata rata 300 orang perbulannya,”ungkapnya.

Lebih lanjut Aries Muhafi menjelaskan bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, berikut kiat-kiat sebalum donor darah yang bisa dilakukan; tidur minimal 4 jam, tidak sedang minum obat minimal 3 hari, konsumsi makanan yang mengandung zat besi, banyak minum air putih, jika sudah makan usahakan minimal 3 jam sesudah makan, hindari konsumsi alkohol, dan pakai pakain yang lengannya mudah digulung hingga diatas siku

“Syarat untuk melakukan donor darah yaitu wanita dan pria usia dewasa diatas 17 tahun dengan kadar tekanan darah dibawah 160/100 mmHg dengan kadar sel darah merahnya yaitu 12,5 sampai 18 g/dL,” terangnya

Kegiatan donor darah yang difasilitasi oleh UDD PMI Kabupaten Pekalongan ini, menjadi salah satu kegiatan penting dalam rangkaian kegiatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan sebab, selain tidak hanya sebagai kegiatan amal tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain. Manfaat donor darah bagi pendonor banyak banget lho. Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan.

Adapun manfaat bagi pegawai yang sudah mendonorkan darah dapat menstimulasi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. “Terutama bagi wanita dapat meningkatkan kulit menjadi lebih cerah, lalu juga dapat menurunkan berat badan, dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko kanker, dapat mendeteksi penyakit menular lewat darah, dapat meningkatkan produksi sel darah merah, membantu lebih sehat secara psikologis dan Panjang umur, ,” tuturnya. (MTb/bd)