Kepala Kantor dan Ka Kwaran Magelang Utara Pantau Perkemahan MI Al Iman Kota Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – MI Al Iman Kota Magelang Kota Magelang gelar perkemahanan selama dua hari mulai tanggal 9 sampai 10 Juni 2023, diikuti sebanyak 100 siswa dan 12 guru.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, H Sofia Nur memantau langsung kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjasu) siswa kelas 5 dan 6 serta guru-guru MI Al Iman Kota Magelang di Taman Kyai Langgeng.

Mendampingi Kepala Kantor yakni Muflihatuth Thohiroh., M.Pd.I. Pengawas RA/MI  Kemenag Kota Magelang. Selin itu hadir juga Ketua Yayasan Al Iman Tuguran H. Hasan Muhajir, S.E., dan Ka Kwaran Kecamatan Magelang Utara, Kak Agus Kristyanto

Siang ini selain menjadi pembina upacara, Kepala Kankemenag Kota Magelang memberikan sambutan serta membuka secara resmi kegiatan tersebut, (Jum’at, 9/6).

“Perkemahan merupakan aktualisasi kepramukaan dalam rangka pembentukan karakter disiplin sebagai pelaksanaan dari pendidikan kepramukaan yang telah diatur oleh Kemendikbud. Teruslah kobarkan api semangat pramuka denagn meniru semangat yang dimiliki Boden Powel atau yang dikenal sebagai Bapak Pandu Dunia,” ungkap Sofia Nur dalam sambutannya.

Sebelum meninggalkan arena perkemahan, Sofia menyempatkan diri meninjau tenda-tenda peserta pramuka. Sofia Nur begitu ramah menyapa adik-adik siaga dan penggalang, tak lupa Ia juga memotivasi semangat dan selalu gembira dalam mengikuti perkemahan.

Sementara itu, Hj. Lilik Fatkhu Diniyah Kepala MI Al Iman menyampaikan bahwa perkemahan ini dilangsungkan bertujuan untuk mengisi generasi tunas bangsa dengan kegiatan berwawasan kebangsaan, kemampuan yang bermanfaat, dan penguatan kedisiplinan dan kemandirian.

Dalam sambutannya saat upacara api unggun dimalam harinya, Lilik mengatakan, “Ada dua ajaran yang harus kita teladani dari salah satu bunyi dasa dharma, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan rerakan menanam pohon, merawat dan menyirami dengan rajin, membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya. Selain itu, sayangi teman dan saling menolong sebagai jalinan persahabatan. Hormati yang lebih tua dan sayangi yang lebih muda.”

Pada hari kedua, kegiatan perkemahan juga dihadiri oleh Ketua Kwartir Ranting Magelnag Utara, Kak Agus Kristyanto, seklaigus sebagai pembina upacara saat penutupan kegiatan perkemahan.

“Menjadi pramuka sejati selalu riang dan penuh semangat dalam melaksankan tugas-tugasnya. Melalui pramuka, adik-adik dapat menumbuhkembangkan jiwa kewiraan dan kemandirian. Berani membela  kebenaran dan menjadi pribadi yang mandiri, suka bermusyawarah dan bekerja sama,” ungkap Agus dalam sambutannya.

Kegiatan Perjasu ini diharapkan dapat membentuk pribadi yang berakhlakul karimah, disiplin, dan mandiri. Dengan demikian, generasi pramuka MI Al Iman mampu menunjukkan sikap yang mencerminkan tingkah laku secara akhlak dan komitmen agar tercipta generasi yang berkualitas. (Lilikfathu/Hari/rf).