KSM lahirkan SDM yang berkarakter

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di selenggarakan sebagai jawaban atas pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi saat ini, yang telah menghantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan, sehingga di perlukan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif untuk menghadapi tantangan di era kompetisi global.

Sehingga pendidikan madrasah saat ini ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Untuk itu KSM di harapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal di bidangnya dan mampu berkreasi serta memotivasi peserta didik untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan tehnologi serta mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat.

Demikian di sampaikan Kepala Kankemenag Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI dalam pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2015 bertempat di MTsN 1 Wonogiri, Jum’at (08/05) yang di ikuti 199 peserta didik baik MI, MTs dan MA se-Kabupaten Wonogiri, hadir dalam acara pembukaan pejabat Kankemenag Wonogiri, PPAI dan Kepala Madrasah.

Kakankemenag menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan KSM tingkat Kabupaten Wonogiri tahun 2015, dan berharap kepada siswa madrasah untuk selalu optimis dan percaya diri dan berharap KSM bisa menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk senantiasa mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai islami.

“KSM harus bisa meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif, menjadi ajang membangun kemampuan (capacity building) serta menunjukkan kepada masyarakat tentang kemampuan madrasah, mengingat madrasah harus lebih baik dan mampu bersaing dengan sekolah umum”, imbuhnya.

Selain itu Kasi Pendidikan Madrasah Drs. H. Ahmad Farid, MSI dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan KSM adah sebagai wahana untuk dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi peserta didik madrasah, meningkatkan kemampuan intelektual dan spiritual serta menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan madrsah.

Sesuai tema KSM tahun 2015 “Mewujudkan revolusi mental bangsa melalui iman, ilmu dan amal secara seimbang serta kemampuan analitis, kritis, kompetitif dan inovatif” maka saatnya peserta didik madrasah di wonogiri harus berprestasi.

Adapun bidang yang di lombakan untuk MI adalah Matematika dan IPA, MTs adalah Matematika, Biologi dan Fisika sedangkan MA adalah Matematika, Biologi, Kimia, Ekonomi dan Geografi. (Mursyid____Her)