KSM Wahana Membangun Ghirah Kompetisi Sains Bagi Siswa Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas)- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 kembali digelar. Pembukaan KSM digelar secara daring di 500 titik lebih, dengan 3 titik utama di MAN 1 Banyumas, MTsN 1 Pati dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Jumat (9/9).

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwiil Kemenag Jateng, Wahid Arbani dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Saifulloh serta para Subkoor di Bidang Pendidikan Madrasah mengikuti pembukaan secara daring melalui zoom meeting di ruang teleconference Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Saifulloh sampaikan bahwa KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun semanagat kompetisi sains dikalangan siswa madrasah.

“Tujuannya untuk memperteguh akhlak mulia, kreatifitas, inovatif, berkebangsaan, cerdas intelektual, emosional dan spiritual, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Saifulloh.

“Soal pada KSM akan menggunakan bahasa indonesia, bahasa inggris atau bahasa arab. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan KSM dimasa mendatang yang akan go international dan berkompetisi dengan beberapa negara sahabat,” tutur Saifulloh.

Jenis mata pelajaran yang dilombakan antara lain:
1. Jenjang MI/ SD : Mata pelajaran IPA dan Matematika terintegrasi.
2. Jenjang MTs/ SMP : Mata pelajaran IPA, Matematika dan IPS terintegrasi.
3. Jenjang MA / SMA : Mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi dan Geografi terintegrasi.

KSM akan dilaksanakan pada 10-11 September 2022. Terlaksana terpusat dimasing-masing Kabupaten/Kota dan berlangsung serentak secara nasional pada waktu yang sama secara online. Secara Nasional Pendaftar KSM dari Provinsi Jawa Tengah terbanyak ke-2, yakni sebanyak 22.617 peserta atau meningkat 48%. (ps/rf)