KUA Magelang Tengah Bina Takmir Untuk Tingkatkan Peran Kemasjidan   

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Magelang Tengah bersama Ketua Forum Komunikasi Takmir Masjid & Mushola Kota Magelang (Fokotama) dan juga Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) bertandang ke Masjid Al Hasanah di RW XI Kelurahan Cacaban, Senin (1/8).

Disamping bersilaturahmi, agenda utama kali ini adalah memberikan pembinaan serta sharing terkait kendala dan hambatan yang ditemui oleh pengurus masjid setempat. Merujuk PMA No 34 tahun 2016, Tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA, salah satu tugas yang diembannya adalah memberikan pelayanan bimbingan kemasjidan.

Menanggapi penyampaian dari Ketua Takmir Al Hasanah KH Ahmad Dahlan, Kepala KUA Magelang Tengah mengatakan “Alhamdulillah, kami sangat berterimakasih kepada pengurus masjid Al Hasanah dan juga Ketua RW XI yang telah berkenan menerima kunjungan kami. Semoga dengan silaturahmi ini semakin menjalin erat hubungan baik dan memberikan kemanfaatan serta keberkahan,” ucap Agus Rofiudin.

“Sengaja kami sowan kesini berharap bisa berbagi ilmu untuk meningkatkan wawasan mengenai manajemen pengelolaan masjid baik dari aspek Idarah, imarah dan ri’ayahnya. Selain itu juga untuk bertukar pengalaman dan sharing terhadap berbagai persoalan yang terjadi, sehingga eksistensi masjid benar-benar bermanfaat bagi umat,” lanjutnya.

Yang dimaksud dengan aspek idarah adalah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian,keuangan, pengawasan, dan pelaporan. Aspek Imarah adalah meliputi peribadatan, pendidikan, kegiatan sosial, dan peringatan hari besar Islam. Sedangkan aspek Ri’ayah meliputi pemeliharaan bangunan, peralatan, lingkungan, kebersihan, keindahan, keamanan, dan penentuan arah kiblat.

Pada prinsipnya, bahwa selain berfungsi sebagai tempat peribadatan dan fungsi transformasi ilmu (majlis ta’lim) masjid juga mempunyai fungsi sosial, ekonomui, budaya, siyasi (politik dan hankam). Dengan begitu luas dan strategisnya fungsi masjid maka menjadi sangat penting mengoptimalkan  SDM pengurus  atau takmir masjid melalui acara semacam ini.

Senada dengan hal ini, Ketua Fokotama juga tak Lelah berikan motivasi untuk mengoptimalkan fungsi masjid sehingga kehadirannya dapat dirasakan lebih bermanfaat bagi jamaah pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya. Langkah strategis untuk mengoptimalkan fungsi masjid diantaranya dengan memberdayakan SDM pengurus takmir, memberdayakan struktur dan manajemen masjid serta memberdayakan fungsi masjid. Ungkap Mukarno. (Karomah/Hari/rf).