MAN Kota Magelang Gelar MATSAMA Untuk 429 Siswa Kelas X Di Tahun Pelajaran Ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – MAN Kota Magelang hari ini langsungkan upacara pembukaan Masa Orientasi Siswa Madrasah (MATSAMA) untuk peserta didik baru, (Senin,  18/7). Di tahun pelajaran ini peserta MATSAMA untuk kelas X berjumlah 429 siswa, yang terdiri dari 261 putra dan 168 putri.

Upacara bendera dengan inspektur upacara Kepala Kankemenag Kota Magelang itu berlangsung hikmat itu diikuti oleh siswa dan seluruh civitas akademika MAN Kota Magelang.   Setelah membuka secara resmi MATSAMA bagi siswa kelas X, Kepala Kankemenag juga berkenan mengalungkan secara simbolis ID card peserta .

Sofia Nur dalam amanatnya menegaskan bahwa pelaksanaan MATSAMA diseluruh madrasah tidak dibenarkan bersifat perpeloncoan, dan harus taati juknis yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

“MATSAMA harus berdifat informatif dan edukatif, tidak ada tindakan yang bersifat perpeloncoan. Tujuan dari MATSAMA adalah untuk mengenalkan kepada siswa kelas X tentang segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan pembelajaran, agar mereka siap untuk belajar di madrasah ini,” tegasnya.

“Selain itu juga untuk membentuk karakter peserta didik yang bertanggung jawab, terampil, gotong royong, berkebhinekaan global, penuh semangat dalam mempelajari dan mengaplikasikan ilmu yang akan diperoleh dalam kegiatan MATSAMA,” terang Sofia lebih lanjut.

Pasca upacara, Kepala Kankemenag Kota Magelang didampingi Kepala MAN juga menyempatkan diri meninjau langsung proses pembelajaran di kelas yang dialkukan oleh para guru. Beliau juga mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan agar bahu membahu mendukunbg pembangunan Zona Integritas (ZI) dalam meraih predikat Satker Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) bagi MAN Kota Magelang. (Nisak/Hari/rf).