MAN Pekalongan Siapkan 6 Ekor Hewan Kurban

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022, Madrasah Aliah Negeri Pekalongan siapkan enam ekor kambing untuk dijadikan hewan qurban. Hal itu di ungkapkan ketua pelaksana H. Kelik Listiono saat rapat pengarahan panitia qurban Rabu (06/07/2022) di ruang rapat yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah, hadiri oleh para Waka, dan panitia pelaksana.

Kepala MAN Pekalongan Syaefudin membenarkan bahwa, pihaknya saat ini sudah menyiapkan enam ekor kambing untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun ini, dan sebagai sarana latihan peserta didik untuk bisa berqurban sesungguhnya nantinya.

“Ya, tahun ini kami sementara menyiapkan  enam ekor kambing kurban untuk disembelih di MAN Pekalongan dan nantinya pembagian daging hanya diperuntukkan untuk peserta didik dan masyarakat sekitar.” ujar H. Syaefudin.

Wakasis MAN Pekalongan Wewet Priyatn, S.Pd  mengatakan, dana pembelian hewan qurban dikumpulkan secara pribadi dari penggalangan dana peserta didik MAN Pekalongan yang dikoordinir kemudian di berikan kepada panitia untuk dibelikan hewan qurban.

Menurutnya, memperingati hari besar Islam tahun ini sedikit berbeda, penyembelihan tidak lagi dibawa ke luar madrasah seperti tahun sebelumnya, namun penyembelihan dilakukan di dalam madrasah dan semua pekerjaan nya dikelola oleh peserta didik yang telah mendapatkan pelatihan penyembelihan sebelumnya, mulai dari memotong, membagi, dan mendistribusikan daging kepada penerimanya.

Namun demikian, pihak madrasah akan tetap melakukan pengawasan terhadap peserta didik yang melakukan penyembelihan dengan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban, apakah layak untuk di sembelih atau tidak.

Bahkan setelah selesai dilakukan penyembelihan daging hewan kurban tersebut pihaknya mengimbau kepada panitia baik dari pihak madrasah dan peserta didik supaya dicek kelayakannya untuk dikonsumsi, sebelum dibagikan kepada masyaraka.

Mudasir, S.Pd Humas MAN Pekalongan menyampaikan sesuai ketentuan hasil rapat bahwa penyembelihan hewan kurban, akan dilakukan satu hari setelah shalat ied Hari Raya Idul Adha tepatnya pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022.

“Melalui daging hewan kurban tersebut hendaknya diberikan kepada warga atau masyarakat di sekitar sekolah yang berhak menerimanya dengan perasaan gembira dan ada kepedulian kepada mereka.” tuturnya. (C-NA/Ant/rf).