Manera Cup 1 Semarakkan HUT Ke-24

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Para siswa-siswi SMP/MTs terlihat begitu antusias mengikuti pertandingan olahraga voli. Menariknya, pertandingan ini tidak berada di fasilitas umum, melainkan di lapangan voli di lingkungan MAN Rembang. Rupa-rupanya mereka sedang bersemangat memperebutkan juara Manera Cup 1 yang digelar oleh MAN Rembang dalam rangka menyemarakkan HUT yang ke-24.

Kegiatan ini digelar semalam selama dua hari berturut-turut (17-18/02) di lingkungan MAN Rembang. Lomba yang diperuntukkan siswa-siswi MTs dan SMP, baik negeri maupun swasta di lingkungan Kabupaten Rembang ini memang belum pernah diselenggarakan sebelumnya.

Ide ini muncul dari Kepala MAN Rembang, Drs. Muhammad Yunus Anis yang baru beberapa bulan lalu dilantik. Dalam sambutan pembukaannya, Anis mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari atlet-atlet muda berbakat. Selain itu, kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk mengenalkan almamater ke sekolah maupun madrasah yang ada di Rembang. “Dilibatkannya siswa-siswi SMP dan MTS ini merupakan upaya untuk mengenalkan MAN Rembang,” ucap Anis.

Adapun lomba yang dimaksud yaitu cabang olahraga yaitu lomba voli dan lomba futsal. Selain itu, juga diadakan lomba cabang seni, yaitu hadroh.

Selain lomba antar sekolah, Manera juga menggelar Expo yang menampilkan berbagai karya seni siswa-siswi Manera. Menurut Anis, Expo merupakan sarana strategis untuk menyosialisasikan keberadaan lembaga pada masyarakat sekitar, termasuk kepada para siswa-siswi MTs dan SMP, baik yang berstatus negeri maupun swasta ini.

Dalam expo ini, berbabagi macam hasil karya seni darai masing-masing kelas dipamerkan. Mulai dari kaligrafi, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Para pengunjung bisa sekadar melihat-lihat, atau jika tertarik boleh membelinya. Expo ini merupakan sarana untuk melatih ketrampilan wirausaha bagi siswa-siswi MAN Rembang.

Selain lomba antar sekolah dan Expo, HUT ini juga dimeriahkan oleh serentetan kegiatan mulai dari jalan santai, lomba kebersihan kelas, lomba tarik tambang serta lomba voli antar kelas.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa uang, piala MANERA CUP 1, serta sertifikat. Adapun hadiah uang untuk juara I sebesar Rp 400 ribu, juara II senilai Rp 300 ribu dan juara III Rp 200 ribu.

Anis berharap, setelah kegiatan Manera Expo ini, Madrasah Aliyah Negeri Rembang menjadi madrasah pilihan bagi seluruh warga masyarakat Rembang pada khususnya dan masyarakat di luar Rembang pada umumnya sehingga di tahun ajaran 2016/2017 siswa-siswi lulusan SMP dan MTs dari berbagai daerah mendaftarkan diri menjadi siswa-siswi kami”, pungkas Anis. (Sutejo/shofatus S/gt)