Mantapkan Layanan, Embarkasi Solo Adakan Konsultasi Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Konsultasi ibadah haji di Gedung Madinah Lantai 1 Embarkasi Solo

Boyolali (Humas) – Embarkasi Solo semakin memantapkan layanannya di bidang pembinaan jemaah. Jemaah Haji yang tiba di Embarkasi Solo yang ingin berkonsultasi soal manasik haji kini tak perlu khawatir. Bidang Pembinaan Jemaah dan Petugas PPIH Embarkasi Solo menampung konsultasi jemaah haji, tepatnya di Gedung Madinah Lt. 1 Asrama Haji Donohudan.

Kepala Bidang Pembinaan Jemaah dan Petugas PPIH Embarkasi Solo, Abdul Jalil mengatakan, bimbingan dan konsultasi Manasik Haji Embarkasi Solo diadakan mulai pagi, siang, sore, hingga malam.
Adapun jadwal yaitu Pukul 07.00 s.d. 09.00, pukul 13.00 s.d. 15.00, pukul 15.30 s.d. 17.30 dan pukul 19.30 s.d. 21.30.

Jalil mengatakan, program ini untuk meningkatkan layanan ibadah haji di tanah air, baik bimbingan kepada jemaah dan petugas haji. “Tujuan kami agar pelaksanaan ibadah haji bisa terlaksana dengan baik dan sempurna sesuai dengan syariat Islam,” kata Jalil.

Menurut Jalil, ibadah haji merupakan kunci utama dalam berhaji, sehingga pelaksanaannya harus benar-benar diperhatikan “Kualitas ibadah merupakan kunci utama dalam berhaji . Dan kualitas itu kita mulai dari Embarkasi,” kata Jalil.

Menurut Jalil, menjelang keberangkatan, niat jemaah harus ditata dengan baik. “Pada konsultasi ini, kita imbau kepada jemaah untuk menata niat dengan baik. Hati harus plong, tidak ada rasa panik dan lainnya,” kata Jalil.

Jalil menambahkan, layanan konsultasi ini adalah dalam rangka mewujudkan pelayanan haji Ramah Lansia dan riang gembira. “Dalam konsultasi ini, kita arahkan jemaah untuk menjalankan ibadah haji sesuai kemampuannya. Misalnya, apakah jemaah yang lansia bisa disafariwukufkan. Kalau ada acara-cara yang mempermudah jemaah karena uzur dan selama tidak membatalkan haji, kita arahkan ke sana. Intinya ibadah haji membawa maslahah. Dan bisa mengantarkan jemaah haji menjadi haji mabrur,” paparnya.

Jemaah haji sedang melakukan konsultasi ibadah haji

Sebagaimana diberitakan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Musta’in Ahmad mengatakan, Embarkasi Solo berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi jemaah haji di setiap titik layanan.

Layanan terpadu satu pintu atau one stop service (OSS) telah dinilai oleh Irjen Kemenag RI sebagai Embarkasi yang memiliki layanan inovatif. Selain itu, layanan fast track Embarkasi di Bandara Adi Soemarmo Solo juga dinilai menjadi layanan terbaik di Indonesia. – iq/at