MATSAMA MIN 1 Temanggung Ajarkan Toleransi Melalui Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dalam rangka kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA), MIN 1 Temanggung mengadakan beberapa agenda yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 17,18, dan 20 Juli 2023. Adapun schedule kegiatan selama tiga hari adalah perkenalan lingkungan madrasah yang dilaksanakan pada hari pertama,  penguatan moderasi beragama pada hari ke dua, pembelajaran anti bullying pada hari ke tiga.

Berbeda dengan MATSAMA pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, MATSAMA MIN 1 Temanggung mengusung tema “ Matsama MIN 1 Temanggung Ajarkan Toleransi Melalui Moderasi Beragama.”

Untuk mewujudkan kegiatan tersebut, peserta didik baru diajak untuk berkunjung ke berbagai tempat ibadah yang ada di wilayah  Kab. Temanggung. Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Masjid Agung Darussalam Temanggung. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Agung adalah solat duha berjamaah, yang dipimpin langsung oleh Bapak Muh Junaidi, selaku  Kepala MIN 1 Temanggung, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan Ta’mir Masjid Darusaalam.

Dalam kesempatan tersebut, setelah memberikan sambutan Ta’mir  Masjid Darussalam memberikan beberapa kuis, yang disambut antusias oleh peserta MATSAMA.

Kunjungan yang ke dua adalah ke Gereja Katolik St. Petrus dan Paulus Temanggung. Kunjungan disambut hangat oleh pengurus gereja.  Dalam kunjungan tersebut, setelah sambutan dari Kepala MIN 1 Temanggung dan pengurus gereja, diadakan sesi tanya jawab . Pengurus gereja memberikan apresiasi terhadap keberanian  siswa-siswi MIN 1 Temanggung dalam mengajukan berbagai pertanyaan seputar ajaran Agama Katolik. Pada kesempatan tersebut, siswa-siswi juga diajak untuk berkunjung ke tempat peribadatan jamaah gereja.

Kunjungan ke tiga adalah ke Klenteng Cahaya Sakti Temanggung. Kunjungan disambut gembira oleh pengurus Klenteng Cahaya Sakti. Dalam kunjungan tersebut, pengurus Klenteng memberikan sambutan dan ucapan terimakasih atas kunjungan siswa-siswi kelas 1 MIN 1 Temanggung. Siswa-siswi juga diperkenalkan tentang hal ikhwal serta properti yang terdapat di dalam klenteng.

Muh Junaedi menyampaikan. dari serangkaian kunjungan yang diadakan, ada pembelajaran berharga yang dapat dipetik oleh siswa-siswi kelas 1 MIN 1 Temanggung, yaitu tentang keberagaman agama yang berkembang di Kabupaten Temanggung. “Selain itu, dari hasil kunjungan yang telah dilaksanakan, diharapkan akan tumbuh sikap menghargai dan menghormati antar pemeluk agama yang berbeda, sehingga terwujud toleransi melalui moderasi beragama pada siswa-siswi kelas 1 MIN 1 Temanggung,“ ungkapnya.(prn/rf)