Memahami Sebagai Abdi Akan Memberikan Kesejukan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kerukunan umat beragama adalah konsep bersama untuk membangun Indonesia maju. Dengan memahami ajaran agama dengan baik maka akan memahami konsep kerukunan dan solidaritas sosial yang baik. Dalam agama Islam diajarkan kata “Abdul” yang dalam Bahasa Indonesianya adalah Abdi, demikian disampaikan Wakil Walikota Magelang KH. M. Mansyur Saat Membuka Kegiatan Ngobrol Bareng FKUB Kota Magelang,Sabtu (20/03)

“Seorang Abdi mengerti dengan baik tugas dan fungsinya maka akan dapat memberikan kesejukan dan kerukunan pada umatnya” Kata KH. Mansyur

Wakil Walikota menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Agama Kota Magelang ngobrol bareng kerukunan umat beragama. Lebih lanjut disampaikan oeh Wakil Walikota Magelang  bahwa FKUB akan difasilitasi diberikan kantor untuk dapat menjadi sarana komunikasi umat beragama. Untuk itu FKUB Kota Magelang harus mampu memberikan tauladan kepada umatnya diantaranya FKUB selalu hadir menjaga kerukunan dan menyampaikan pesan kedamaian dan penyejuk warga masyarakat, dan juga menjadi bagian dari kampanye penanganan covid19, karena Kota Magelang masih ada 22 RT yang masih zona merah. Pemerintah kota Magelang berupaya untuk menekan laju perkembangan Covid-19 dengan kampanye prokes 5M yang digerakan dari para tokoh agama. Peran tokoh agama menjadi penting dalam masa sulit pandemi covid-19, karena tokoh agama yang mampu mengendalikan umatnya agar dapat mematuhi prokes 5M

Kegiatan Ngobol Bareng Kerukunan Umat Beragama Kota Magelang diselenggarakan di Hotel Atria Jl. Jend. Sudirman No. 42 Tidar Sel. Kec. Magelang Selatan Kota Magelang. di ikuti oleh 30 peserta dari unsur FKUB Provinsi Jawa Tengah, FKUB Kota Magelang, OPD Pemerintah Kota Magelang, jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Magelang. Turut hadir sebagai penanggung jawab kegiatan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang.

Dalam sambutanya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Megelang menyampaikan bahwa  kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan Moderasi beragama untuk membangun kerukunan umat beragama Kota Magelang, membangun sinergi antara Kementerian Agama Kota Magelang dengan pemerintah daerah Kota Magelang dimana ada fungsi agama yang menjadi tenggung jawab bersama untuk mendapat besaran anggaran untuk kebersamaan sehingga program yang dibangun dapat dilaksanakan. Selain itu kepala Kantor mengatakan ada sinergi yang dibangun yaitu pemerintah Kota dan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang berupaya agar  nantinya Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Magelang  ada kantor bersama sehingga ada wadah untuk komunikasi dan membangun program bersama.

Ketua FKUB Provinsi Taslim Sahlan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam menjaga kerukunan umat beragama harus belajar dari pengalaman, dari perjalanan selama ini FKUB jawa Tengah dengan komunikasi dan koordinasi dari berbagai lembaga agama dan lembaga keagamaan dapat membuat Piagam Bersama Watu Gong yang mendapat harmoni word Kementerian Agama RI, untuk itu untuk FKUB Kota Magelang untuk dapat membangun silaturahmi, komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga program kerukunan umat beragama diimplentasikan untuk membagun Jawa Tengah yang rukun damai dan sejahtera.

Harapan dengan adanya Ngobrol Bareng Kerukunan Umat Beragama terbangun komunikasi yang lebih erat lagi dan ada kesamaan persepsi untuk membina kerukunan umat beragama, serta adanya dukungan pemerintah daerah dapat mewujudkan moderasi Beragama di Kota Magelang sehingga Jawa Tengah Guyub Rukun Majeng.(Wahono)