081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Memakmurkan Masjid Dengan Rongsokan, Masjid Jami’Al-Ilham Pati Raih Juara II Kategori Masjid Ramah Lingkungan AMPeRa 2024

Surakarta (Humas) – Mempunyai tagline “memakmurkan Masjid dengan rongsokan”, Masjid Jami’Al-Ilham Kabupaten Pati meraih Juara II Kategori Masjid Ramah Lingkungan dalam ajang Anugerah Masjid Agung Percontohan dan Ramah (AMPeRa) tahun 2024. Malam penganugerahan di selenggarakan pada Selasa (01/10/24) di Hotel Swiss-Belhotel Solo.

Bertempat di Desa Bakalan Kecamatan Dukuhseti, Masjid Jami’Al-Ilham ini mengunggulkan kebersihan di lingkungan Masjid. Selain itu, takmir juga mengajak masyarakat muslim disekitar untuk bersedekah dengan rongsokan yang sudah tidak berguna di rumah. Pihak Masjid Jami’Al-Ilham akan mengelolanya kemudian hasilnya untuk kegiatan yang memakmurkan Masjid.

Masjid Jami’ Al-Ilham memiliki program unggulan program pengolahan kulit kerang sebagai pakan ternak dan pengolahan limbah kulit kerang menjadi tepung makanan unggas. Domisili Masjid yang berada dipesisir, awalnya kulit kerang menjadi sampah masyarakat yang sulit terurai dan semakin lama semakin menumpuk, Masjid memiliki solusi untuk dijadikan pakan ternak.

Dalam malam penganugerahan itu, rombongan pengurus Masjid Jami’ Al-Ilham berangkat dari Kabupaten Pati bersama dengan seluruh pengurus Masjid dan pengurus Program Unggulan BPRMI (Badan Pengelola Rongsokan Masjil Al-Ilham). Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin.

“Saya mewakili semua pengurus, sangat bersyukur dan berterima kasih atas kerja sama antar pengurus Masjid Al-Ilham sehingga mendapatkan Juara II. Semoga Masjid Jami’ Al-Ilham ini semakin maju dan bisa menjadi masjid percontohan ramah lingkungan untuk masjid-masjid yang lain. Tentunya kiita ingin menebar kebaikan lewat Masjid,” ucap Umar Farouq inisiator BPRMI. (PS/BEL)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content