Menag RI Buka Secara Resmi UDG Tingkat Nasional ke-XV

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Pembukaan Utsawa Dharmagita (UDG) tingkat nasional ke-XV Tahun 2024 resmi digelar pada Selasa malam, (9/7/2024) di Pura Mangkunegaran Surakarta oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Mengusung tema “Dharmagita dari Paramaçastra menuju Paramatattva” memiliki arti Dari Seni Sastra Menuju Kebenaran Substantif. Menurut Menteri Agama, pemilihan tema tahun ini karena makna yang sangat mendalam dan relevan dengan upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Utsawa Dharmagita, sebagai ajang seni sastra dan musik keagamaan, memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk kepribadian yang kuat dan berkarakter. Mereka akan tumbuh menjadi individu yang tidak hanya kompeten secara intelektual, tetapi juga kaya akan spiritualitas dan moralitas,” kata Menag.

Sementara Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, I Nengah Duija dalam laporannya menyatakan UDG tahun ini memperlombakan sebanyak 17 cabang. Cabang-cabang tersebut diperlombakan dengan pengawasan para dewan juri professional, praktisi yang telah melewati seleksi ketat dan dinyatakan layak.

“Utsawa Dharmagita yang digelar mulai dari tingkat kelurahan/desa hingga nasional sesungguhnya adalah ajang pembelajaran bagi generasi muda dalam mengenal pustaka-pustaka suci agama Hindu melalui Lembaga Pengembangan Dharmagita atau LPDG,” jelasnya.

Turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pj. Gubernur Jawa Tengah, Walikota Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X, Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, serta para undangan lainnya. (Bel)