MIM Kauman Berbagi Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi dan Hari Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Sabtu, 22 Oktober 2022 merupakan peringatan hari santri nasional. Kenapa disebut hari santri. Karena pada 22 oktober bertepatan dengan resolusi jihad Mbah KH Hasyim Asy’ari, kita perlu memperingatinya untuk mengenang peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing.

MIM Kauman menggelar acara berbagi dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini. Setiap siswa MIM Kauman wajib membawa beras untuk dikumpulkan di MIM Kauman, kemudian beras tersebut di salurkan kepada siswa-siswi MIM Kauman yang tergolong anak yatim, piatu, dan dhuafa. Selain itu sebagian juga diberikan kepada warga sekitar.

Setelah berdoa dan murojaah di dalam kelas, pukul 07.15 seluruh siswa dikumpulkan dihalaman madrasah untuk bersama-sama berjalan menuju masjid Sabilurrahman Kauman. Di sanalah kegiatan akan berlangsung. Selain ada acara simbolis penerimaan beras, kegiatan lainnya berupa pembacaan ayat suci Alqur’an oleh ananda Firman Hafidz kelas 5, kemudian acara inti ceramah dan motivasi oleh ustadz M. Andi Sulaiman, S.Ag, M.Pd dengan tema “Meneladani akhlak dan meningkatkan cinta kepada Rasulullah SAW”. Semua siswa nampak senang dan antusias untuk mendengarkan ceramah. Selain isi ceramah yang menarik, si ustadz juga melontarkan beberapa pertanyaan yang berhadiah. Tak sedikit siswa dan siswi yang mendapatkan hadiah karena bisa menjawab pertanyaan dari si ustadz.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan memupuk rasa empati terhadap sesama” Kata Waka Keagamaan, Novi Astriani, S.Pd.I. Kegiatan berlangsung sampai dengan pukul 10.00 WIB dan seluruh siswa kembali ke madrasah. (LP/MTb/bd)