MIM Kauman Gelar Mabit Menjelang Asesmen Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Madrasah Sabtu, 6 Mei 2023 MI Muhammadiyah Kauman menggelar acara tahunan yaitu MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) untuk siswa kelas 6. Kegiatan dimulai setelah sholat ashar pukul 16.30 WIB. Kegiatan akan berlangsung sampai besok pagi ahad tanggal 7 Mei  2023 dengan puncak acara sesi motivasi dengan pembicara Muh. Zain Fuadi MCH.CHA.CPC.CPLP dari Solo.

Kegiatan yang berlangsung di MIM Kauman ini dimulai dengan tadarus Al Qur’an bersama ustadz M. Sukron, S.Pd.I dan Ustadzah Caritun, S.Pd.SD selaku wali kelas 6. Kemudian disusul sholat maghrib berjamaah, makan malam dan sholat isya berjamaah.

Di sesi motivasi  mabit ini, madrasah juga mendatangkan mendatangkan orang tua dari siswa kelas 6. Pukul 19.30 WIB semua guru karyawan juga sudah bersiap menerima tamu dan bertugas. Acara dipandu oleh MC, ustadzah Ninik Kusmiyati, S.Pd. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ananda M.Abdurrohim Uqoili, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah dengan dirijen ustadzah Dian Setyowening, S.Pd,  sambutan Kepala Madrasah dan  terakhir doa oleh ustadz Taufik, S.Ant.

Tiba saatnya pembicara Bapak Zain dan tim nya, semua siswa dan ortu mengikuti segala arahan dan fokus pada pembicara. Tampak metode hypnoteraphy ini berhasil menghanyutkan suasana di malam itu. Siswa dan siswi kelas 6 terharu, trenyuh dan pecah akan tangisan. Mengingat semua jasa orang tua, bapak, ibu dan guru-guru. Siswa dan orang tua saat itu diijinkan untuk saling berpelukan, menangis bersama, saling bermaafan, dan menjadikan malam itu sebagai awal dari semangat baru. Semangat untuk belajar dan mencapai kesuksesan pada Asesmen Madrasah khususnya dan keberhasilan lain di depannya. Setelah sesi motivasi selesai, orang tua pulang ke rumah. Siswa siswi kelas 6 bermalam di madrasah untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu tidur, sholat tahajud, tadarus, sholat subuh dan olahraga pagi.

“Kegiatan ini diikuti oleh 56 siswa kelas 6, ada 4 siswa yang ijin berhalangan. Semua sesi acara berjalan lancar tanpa ada suatu halangan apapun. Dan semoga setelah mabit ini baik siswa maupun ortu bisa semangat kembali untuk bekerjasama mempersiapkan ujian-ujian yang menjadi kewajiban di kelas 6. Dan tidak hanya itu, semoga siswa dan ortu selalu bisa bekerjasama kelak setelah lulus dari MIM Kauman” Ujar Kepala Madrasah, Bapak Djoko susilo, S.Pd.SD. (Lia/MTb/bd)