Motivasi Pembelajaran Era Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Upaya peningkatan kualitas kompetensi guru diera digital sebagai upaya kreativitas GPAI SMA,SMK. Ini penting mengingat pembangunan ahlak dibangun dengan agama maka guru agama memiliki tantangan untuk menyiapkan peserta didik yang berbudi pekerti luhur dimasa digital. Demikian disampaikan oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang pada pembukaan kegiatan peningkatan kompetensi GPAI SMA, SMK era digital yang disampaikan oleh kasubbag TU Abdurrasyid di hotel Trio Magelang, Selasa (31/5).

“Sebagai guru pendidikan agama Islam mendapatkan peran penting pembangunan ahlak mulia bagi peserta didik diera digital,” kata Abdurrasyid

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada pendidikan agama Islam diberikan landasan motivasi dengan “man ana” sebagai landasan untuk selalu ingat dan sadar keberadaan pendidikan agama. Ini penting sebagai guru harus dapat mengimplementasikan terhadap peserta didik sehingga selalu ingat akan jati diri masing-masing.

Kondisi sekarang ini sangat mudah menerima alur globalisasi tetapi harus ingat akan nilai pembelajaran budi pekerti sebagai pembentukan karakter. Untuk itu guru sebagai pendidik juga sebagai mediator yang menjembatani peserta didik dapat terus dibimbing untuk tetap memiliki karakter dengan nilai budaya agama dan memperkuat nilai budaya bangsa Indonesia yang adiluhung.

“Menjadi guru tetap lentur dan mampu menjadi mediator dalam transformasi ilmu pengetahuan di era globalisasi,” tegas Abdurrasyid kemudian.

Kegiatan peningkatan kompetensi GPAI SMA SMK era digital dilaksanakan di hotel Trio Front One Jl. Sudirman 72 Kota Magelang. Diikuti oleh 30 peserta dari terdiri 24 guru SMA, 4 guru SMK, dan 2 pengelolaan pendidikan agama Islam. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kasi Pakis dan pengawas pendidikan agama Islam Kota Magelang.

Dalam penjelasan, Kasi Pakis Fathurrohim mengatakan pelaksanaan kegiatan hari ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam sesuai dengan kurikulum, mengingat kurikulum pendidikan merdeka saat ini memiliki dasar untuk guru yang berkualitas dengan kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman. Pada kegiatan ini akan disampaikan materi dari dinas pendidikan wilayah VIII Dr. Nikmah,  Jelas Fathurrohim

Harapan dengan adanya kegiatan peningkatan kompetensi GPAI SMA SMK era digital ini adalah dapat merubah paradigma wawasan untuk mengembangkan sistem pembelajaran yang dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta didik. (Wahono/Hari/rf)